Monday, March 25, 2024

Penilain Kinerja

 


Menurut Bernardin dan Russel (2010), penilaian kinerja adalah cara mengukur
kontribusi pekerja dalam suatu organisasi. Bernardi dan Russel juga mengajukanenam kinerja primer yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja, yaitu:
1.Quality: tingkat sejauh mana usaha atau hasil dari suatu kinerja untukmemuaskan konsumen berdasarkan syarat-syarat yang telah ditetapkanolehkonsumen. 2.Quantity: jumlah pekerjaan yang diselesaikan dalam suatu periode waktuatau jumlah produk yang dikasilkan dalam satu pekerjaan. 3.Timeliness: seberapa cepat pekerja dalam menyelesaikan pekerjaannya atauhasil dari produk, dalam waktu yang lebih awal dari yang telah ditetapkandan memaksimalkan waktu yang ada untuk menyelesaikan pekerjaanyanglain. 4.Cost ef ectiveness: bagaimana pekerja menggunakan sumber dari organisasi
(contoh: manusia, teknologi material) secara maksimal untuk menghasilkansuatu produk atau menurunkan jumlah sumber daya yang dibutuhkan untukmenghasilkan suatu produk. 5.Need for supervisio: tingkat sejauh mana usaha pekerja dalammenyelesaikan suatu pekerjaan tanpa bantuan atau intervasi dari atasanuntuk mencegah kesalahan atau hasil yang merugikan. 6.Interpersonal impact: tingkat sejauh mana pekerja menjaga harga diri, namabaik, dan kerja sama antar karyawan.

No comments:

Post a Comment