Menurut Bernardin dan Russel (2010), penilaian kinerja adalah cara mengukur
kontribusi pekerja dalam suatu organisasi. Bernardi dan Russel juga mengajukanenam kinerja primer yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja, yaitu:
1.Quality: tingkat sejauh mana usaha atau hasil dari suatu kinerja untukmemuaskan konsumen berdasarkan syarat-syarat yang telah ditetapkanolehkonsumen. 2.Quantity: jumlah pekerjaan yang diselesaikan dalam suatu periode waktuatau jumlah produk yang dikasilkan dalam satu pekerjaan. 3.Timeliness: seberapa cepat pekerja dalam menyelesaikan pekerjaannya atauhasil dari produk, dalam waktu yang lebih awal dari yang telah ditetapkandan memaksimalkan waktu yang ada untuk menyelesaikan pekerjaanyanglain. 4.Cost ef ectiveness: bagaimana pekerja menggunakan sumber dari organisasi
(contoh: manusia, teknologi material) secara maksimal untuk menghasilkansuatu produk atau menurunkan jumlah sumber daya yang dibutuhkan untukmenghasilkan suatu produk. 5.Need for supervisio: tingkat sejauh mana usaha pekerja dalammenyelesaikan suatu pekerjaan tanpa bantuan atau intervasi dari atasanuntuk mencegah kesalahan atau hasil yang merugikan. 6.Interpersonal impact: tingkat sejauh mana pekerja menjaga harga diri, namabaik, dan kerja sama antar karyawan.
No comments:
Post a Comment