Friday, January 21, 2022

Nilai Perusahaan (skripsi dan tesis)

 


Meningkatkan nilai perusahaan merupakan tujuan utama perusahaan go public
untuk menarik investor agar menanamkan sahamnya ke perusahaan, dengan
melihat nilai perusahaan maka investor dapat mengetahui apakah dapat
menguntungkan atau tidak saham tersebut bagi investor. Menurut Rika dan
Ishlahuddin (2008), nilai perusahaan didefinisikan sebagai nilai pasar. Alasannya
karena nilai perusahaan dapat memberikan kemakmuran atau keuntungan bagi
pemegang saham secara maksimal jika harga saham perusahaan meningkat.
Semakin tinggi harga saham, maka semakin tinggi keuntungan pemegang saham
sehingga keadaan ini akan diminati oleh investor karena dengan permintaan saham
yang meningkatkan menyebabkan nilai perusahaan juga akan meningkat. Nilai
perusahaan dapat dicapai dengan maksimun jika para pemegang saham
menyerahkan urusan pengelolaan perusahaan kepada orang-orang yang
berkompeten dalam bidangnya, seperti manajer maupun komisaris.
Nilai perusahaan merupakan presepsi investor terhadap tingkat keberhasilan
perusahaan yang terkait erat dengan harga sahamnya (Sujoko & Soebiantoro,
2007). Harga saham yang tinggi membuat nilai perusahaan juga tinggi, dan
meningkatkan kepercayaan pasar, tidak hanya terhadap kinerja perusahaan saat ini 
namun juga pada prospek perusahaan di masa mendatang. Harga saham yang
digunakan umumnya mengacu pada harga penutupan (closing price), dan
merupakan harga yang terjadi pada saat saham diperdagangkan di pasar
(Fakhruddin & Hadianto, 2001, p. 67).

No comments:

Post a Comment