Monday, August 28, 2023

Pengaruh CSR terhadap Nilai Perusahaan

 


Menurut Ghozali & Chairi (2007) yang menjelaskan bahwa
teori legitimasi didasarkan pada pandangan bahwa perusahaan
berusaha untuk menciptakan kelarasan antara nilai-nilai sosial yang
melekat dalam kegiatannya dengan norma-norma perilaku yang ada
dalam sistem sosial masyarakat dimana perusahaan adalah bagian
dari sistem tersebut. CSR merupakan salah satu instrumen inovatif
yang dapat membantu perusahaan untuk peka dan adaptif terhadap
lingkungan dan kehidupan lingkungan dan kehidupan masyarakat
(Faiqoh & Mauludy, 2019).
Dengan perusahaan melakukan CSR pada lingkungan
perusahaan dapat membuat masyarakat semakin mengenal
perusahaan dan merasakan manfaat yang diberikan perusahaan.
Sehingga dapat memberikan ketertarikan dari masyarakat untuk
perusahaan tersebut. Perusahaan yang malaksanakan CSR berarti
juga melaksanakan tugas dan kegiatan sehari-harinya, sebagai
wadah untuk memperoleh keuntungan melalui usaha yang
dijalankan dan/ atau dikelola oleh bersangkutan (Azheri, 2012).
Dengan adanya pertanggungjawaban perusahaan terhadap
lingkungan dan sosial dapat memberikan ketertarikan bagi investor.
Berdasarkan hasil penelitian milik Endiana (2019) dan
Karwini & Astawa (2020) menyatakan bahwa CSR berpengaruh
positif terhadap nilai perusahaan

No comments:

Post a Comment