Wednesday, August 30, 2023

Teori Keagenan (Agency Approach)

 


Teori keagenan atau teori agensi adalah teori yang menjelaskan tentang
hubungan kerja antara pemilik perusahaan (pemegang saham) dan manajemen.
Keagenan. Menurut Ramadona (2016) “teori keagenan adalah teori yang
berhubungan dengan perjanjian antar anggota di perusahaan”. Teori ini
menerangkan tentang pemantauan bermacam-macam jenis biaya dan memaksakan
hubungan antara kelompok tersebut. Manajemen akan berusaha memaksimalkan
kesejahteraan untuk dirinya sendiri dengan cara meminimalkan berbagai biaya
keagenan, hal tersebut merupakan salah satu hipotesis dalam teori agency. Oleh
sebab itu, “perusahaan diharapkan akan memilih prinsip akuntansi untuk
memaksimalkan kepentingannya dengan cara memilih prinsip akuntansi yang
sesuai” (Harahap, 2011).
Teori keagenan merupakan korelas i antara keagenan sebagai sebuah
perjanjian dimana pemilik mempekerjakan orang atau manajer yang lain untuk
mengelola kegiatan dalam perusahaan. Principal adalah seorang pemilik saham
atau disebut dengan seorang investor, dan agent adalah seorang manajer yang
menjalankan fungsi manajemen dalam perusahaan. Pokok dari korelasi keagenan
yakni adanya diferensiasi fungsi antara investor dan di pihak manajemen
(Ramadona, 2016).

No comments:

Post a Comment