Wednesday, August 30, 2023

Pengertian Nilai Perusahaan

 


Menurut Harmono (2011: 233) nilai perusahaan merupakan kinerja
perusahaan yang dicerminkan oleh harga saham yang dibentuk oleh permintaan
dan penawaran di pasar modal yang merefleksikan penilaian masyarakat terhadap
kinerja perusahaan.
Sedangkan menurut Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti (2012: 7), nilai
perusahaan merupakan harga bersedia dibayar oleh calon pembeli apabila
perusahaan tersebut dijual, semakin tinggi nilai perusahaan semakin besar
kemakmuran yang diterima oleh perusahaan.
Selain itu, menurut Handono Mardiyanto (2009: 181), nilai perusahaan
adalah nilai sekarang dari serangkaian arus kas masuk yang dihasilkan perusahaan
pada masa mendatang.
Menurut Agus Sartono (2010: 487), nilai Perusahaan adalah nilai jual
sebuah perusahaan sebagai suatu bisnis yang sedang beroperasi. Adanya
kelebihan nilai jual diatas nilai likuidasi adalah nilai dari organisasi manajemen
yang menjalankan perusahaan itu.
Menurut Arthur J Keown (2010: 35) yang diterjemahkan oleh Chaerul D
Djakman, nilai perusahaan adalah nilai pasar dari hutang dan ekuitas perusahaan.
Modal yang diinvestasikan sedikit lebih problematis, secara konseptual, modal
yang diinvestasikan perusahaan merupakan jumlah dari seluruh dana yang telah
diinvestasikan di dalamnya.
Farah Margaretha (2011: 5) menjelaskan bahwa nilai perusahaan yang
sudah go public merupakan nilai yang tercermin dalam harga pasar saham
perusahaan, sedangkan nilai perusahaan yang belum go public nilainya terealisasi
apabila perusahaan akan dijual.
Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud
nilai perusahaan adalah apresiasi atau penilaian investor ataupun masyarakat
terhadap kinerja perusahaan yang dibentuk oleh permintaan dan penawaran saham
perusahaan yang tercermin pada harga saham untuk perusahaan go public dan
tercermin ke harga jual perusahaan untuk perusahaan yang belum go public.
Nilai perusahaan tercermin ke dalam harga saham. Hal ini terjadi karena
investor yang menilai perusahaan memiliki prospek yang baik di masa depan akan
cenderung membeli saham perusahaan tersebut. Akibatnya permintaan saham
yang tinggi menyebabkan harga saham meningkat. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa harga saham yang meningkat menunjukan bahwa investor memberikan
nilai yang tinggi terhadap perusahaan

No comments:

Post a Comment