Friday, May 26, 2023

Pengertian Pemasaran

 


Pemasaran merupakan suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk
menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan untuk
mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntngkan
organisasi/perusahaan dan pemangku kepentingan (Kotler dan Keller, 2009:5).
Mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial, adalah salah satu
definisi yang baik dan singkat dari pemasaran memenuhi kebutuhan dengan cara
memenuhi kebutuhan dengan cara mengunungkan (Kotler dan Keller, 2009:5).
Pemasaran ialah suatu aktivitas yang bertujuan mencapai sasaran perusahaan,
dilakukan dengan cara mengantisipasi kebutuhan pelanggan atau klien serta
mengarahkan aliran barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan pelanggan atau
klien dari produsen (Cannon, Perreault dan McCarthy, 2008:8). Dari pendapat di 
atas dapat di simpulkan bahwa pemasaran adalah sebuah kegiatan masyarakat
antara individu dan kelompok untuk mendapatkan suatu keinginan dan kebutuhan
dengan menciptakan, menawarkan secara bebas dan mempertukarkan produk dan
jasa yang sesuai dan bernilai, dengan orang lain.
Manajemen pemasaran adalah proses untuk meningkatkan efisiensi dan
efektifitas dari kegiatan pemasaran yang di lakukan oleh individu atau oleh
perusahaan apabila seseorang atau perusahaan, ingin memperbaiki pemasarannya
maka harus melakukan pemasaran itu sebaik mungkin. Beberapa konsep yang telah
di gunakan oleh organisasi pada kegiatan pemasaran mencakup:
1) Konsep produksi
Suatu konsep dimana konsumen lebih menyukai produk yang dapat ditemukan
di mana-mana dengan harga yang murah. Jadi, orientasi konsep ini lebih mengarah
pada upaya pencapaian efisiensi produk yang sangat tinggi distribusi yang sangat
luas. Tugas manajemen di sini adalah memperbanyak produk barang karena
komsumen di anggap akan menerima hasil produksinya yang terjangkau di manamana.
2) Konsep produk
Menyatakan bahwa akan lebih menyukai produk yang menawarkan mutu,
kualitas, performasi dan karakter baik. Di mana tugas manajemen di sini ialah
membuat produk yang berkualitas tinggi dan penampilan yang terbaik dan menarik. 
3) Konsep penjualan
Menayatakan bahwa konsumen dengan di biarkan begitu saja atau apa adanya,
organisasi harus berusaha melaksanakan promosi yang menarik para konsumen.
4) Konsep pemasaran
Menyatakan bahwa kunci dalam mencapai tujuan sebuah organisasi bisnis
meliputi penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sebagai sasaran serta memberi
kepuasan yang sesuai secara efektifitas efisien di bandingkan dengan para pesaing.
5) Konsep pemasaran sosial
Dalam konsep ini tugas sebuah organisasi yaitu menetukan kebutuhan,
kepentingan, keinginan pasar dan tetap memberi kepuasan serta tetap melestarikan
dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau konsumen.
6) Konsep pemasaran global
Dalam konsep ini manajer eksekutifnya harus berupaya memahami segala
faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi pemasaran lewat manjemen yang
srategis. Di mana tujuan akhirnya ialah berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan
masyarakat dan memberikan yang terbaik dan bermanfaat kepada seluruh pihak
yang terlibat di dalam suatu perusahaan.
(Kotler dan Keller, 2007:18-20)

No comments:

Post a Comment