Friday, May 26, 2023

Tujuan Penetapan Harga

 


Sedangkan tujuan penetapan harga adalah:
1) Mencapai keuntungan
Keuntungan merupakan hasil perkalian antara omzet dan harga jual di kurangi
harga pokok produksi, biaya pemasaran, dan biaya distribusi. Dengan demikian
harga menjadi salah satu indikator untuk mencapai tingkat keuntungan tertentu.
2) Mencapai tingkat penjualan
Perusahaan dapat menetapkan harga tertentu, misalnya dengan harga jual
rendah di harapkan mencapai tingkat penjualan yang tinggi.
3) Mencapai pangsa pasar
Pangsa pasar merupakan jumlah pelanggan potensial yang di miliki oleh
perusahaan. Harga dapat di jadikan sebagai strategi untuk mencapai pangsa pasar
yang tinggi. Jika perusahaan menetapkan harga jual yang paling rendah di
bandingkan dengan semua harga produk pesaing, maka di harapkan dapat mencapai
omzet yang besar bahkan menjadi market leader. 
4) Mencapai good image
Konsumen tidak menutup kemungkinan memberikan penilaian yang baik
terhadap produk perusahaan. Pada saat perusahaan menetapkan harga produk yang
tinggi secara tidak langsung memberikan informasi bahwa produk tersebut
memiliki kualitas yang tinggi pula.
5) Mengurangi persediaan produk
Pada saat persediaan produk tertentu masih menumpuk di gudang padahal
sudah mendekati masa kadaluarsa, maka perusahaan dapat menjualnya denga harga
lebih rendah supaya jumlah persediaan tersebut dapat di kurangi dan perusahaan
masih memperoleh pendapatan.
6) Menjadi strategi bersaing
Pada umumnya konsumen lebih menyukai produk dengan harga murah.
Dengan demikian untuk memenangkan persaingan produk sejenis, perusahaan
dapat menetapkan harga lebih rendah dari pesaingnya (Suparyanto, 2015:142).

No comments:

Post a Comment