Sunday, May 10, 2020

Konsep Pemasaran (skripsi dan tesis)

Konsep pemasaran muncul pada tahun 1950-an. Kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan yang berusaha meletakkan pemasaran sebagai pusat kegiatan dan memandu semua unit yang diproduksi ke arah pencapaian tujuan perusahan.serta produksi tersebut digunakan perusahaan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran adalah sebuah proses kemasyarakatan di mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernnilai dengan orang lain (Kotler dan Keller, 2009;5). Menurut Kotler dan Keller (2009:13), mengatakan bahwa inti pemasaran strategis modern terdiri atas tiga langkah pokok, yaitu : 1. Segmentation atau Segmentasi pasar, yaitu mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli yang terpisah-pisah yang mungkin membutuhkan produk dan atau bauran pemasaran tersendiri. Merupakan upaya pengelompokan konsumen ke dalam beberapa kriteria baik dari segi usia, status, golongan, dan lain-lain. 2. Targeting atau menentukan pasar sasaran, yaitu tindakan memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki atau dilayani. 3. Positioning atau menentukan produk pada posisi pasar, yaitu tindakan membangun dan mengkomunikasikan manfaat pokok yang istimewa dari produk di dalam pasar. Ketiga upaya ini perlu dilakukan melalui penelitian yang cermat agar mampu meminimalisir kegagalan berupa salah sasaran.

No comments:

Post a Comment