Sunday, May 10, 2020

Peran Perilaku Konsumen (skripsi dan tesis)

Peran perilaku seorang konsumen terdiri dari 7 macam, yaitu (Kotler dan Keller, 2012:188): 1). Initiators, diartikan sebagai individu yang memiliki inisiatif dalam melakukan pembelian suatu barang dan/atau jasa (Kotler dan Keller, 2012:188). 2). Users, diartikan sebagai individu yang akan menggunakan atau memakai barang dan/atau jasa (Kotler dan Keller, 2012:188). 3). Influencers, diartikan sebagai individu yang memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian, baik itu menetapkan spesifikasi atau menyediakan informasi sebagai bahan evaluasi (Kotler dan Keller, 2012:188). 4). Deciders, diartikan sebagai individu yang memutuskan pemilihan produk dan/atau jasa yang dibutuhkan atau disediakan (Kotler dan Keller, 2012:188). 16 5). Approvers, diartikan sebagai individu yang memiliki kewenangan atau kuasa dalam menentukan tindakan deciders atau buyers (Kotler dan Keller, 2012:188). 6). Buyers, adalah individu yang memiliki kewenangan formal dalam memilih pemasok dan menyusun syarat pembelian (Kotler dan Keller, 2012:188). 7). Gatekeepers, adalah individu yang mempunyai kekuatan atau kekuasaan untuk mencegah penjual atau informasi dari jangkauan anggota pusat pembelian (Kotler dan Keller, 2012:188). Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa seorang konsumen dapat memiliki peran sebagai pemberi inisiatif, pengguna barang dan/atau jasa, pemberi pengaruh terhadap keputusan pembelian, pengambil keputusan dalam memilih barang dan/atau jasa, pemberi kuasa atau kewenangan, dan dapat menjadi pencegah penjualan

No comments:

Post a Comment