Wednesday, May 13, 2020

Purchase Intention (skripsi dan tesis)

 Purchase intention as the probability of consumer’s readiness to purchase a product in near future. It is generally linked with the consussmer’s attitude, perception and buying behavior (Wue et al 2011). Purchase Intention menggambarkan suatu kemungkinan bahwa konsumen akan berencana atau rela untuk membeli produk atau jasa tertentu di masa yang akan datang. Peningkatan minat beli menunjukkan peningkatan kemungkinan pembelian. Ketika seorang konsumen memiliki minat beli yang positif, maka akan membentuk komitmen terhadap suatu merek yang akan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian secara aktual (Wu et al. 2011) Terdapat 4 faktor minat pembelian menurut Tsiotsou (2006: 207-217) yaitu: 
1. Involvement
 Keterlibatan telah menjadi hal umum pada dunia marketing dan telah menjadi topik yang menarik dalam perilaku konsumen dan riset iklan. Terjadinya keterlibatan terhadap suatu produk yang dirasakan oleh konsumen dikarenakan melekatnya kebutuhan, kepentingan dan nilai-nilai suatu produk tersebut di benak konsumen. Setelah diikthisarkan akibat dari adanya suatu keterlibatan terhadap produk yaitu meningkatnya motivasi, adanya gairah yang tinggi terhadap pembelian. 
2. Satisfaction 
Kepuasan konsumen telah dipelajari secara ekstensif dalam pemasaran selama beberapa waktu terakhir. Kepuasan menjadi salah satu tujuan utama dari pemasaran. Kepuasan menjadi peran penting dalam pemasaran karena kepuasan menjadi prediksi yang baik dalam menilai perilaku konsumen. Begitu juga terhadap loyalitas pelanggan. 
3. Values 
Telah dikemukakan bahwa nilai-nilai dapat menjadi prediktor yang signifikan terhadap banyaknya sikap dan perilaku seperti perilaku konsumen. Beberapa peniliti telah menyambungkan antara nilai terhadap perilaku konsumsi dan efek komunikasi.
 4. Perceived Quality 
Persepsi kualitas sudah diartikan menjadi penilaian konsumen terhadap keseluruahan produk. Dalam beberapa penelitian, persepsi kualitas telah ditemukan memiliki efek langsung yang positif terhadap minat pembelian. Selain itu, belum ada kesepakatan apakah ada interaksi pengaruh antara persepsi kualitas dan kepuasan konsumen terhadap minat pembelian. Persepsi kualitas dianggap sebagai konsep yang lebih spesifik yang didasarkan pada produk dan layanan fitur sementara kepuasan dapat menjadi hasil dari segala dimensi. Menurut Kotler dan Keller (2012) Purchase Intention adalah suatu ketertarikan konsumen pada sebuah merek produk sehingga dapat menimbulkan keinginan membeli dan menimbulkan suatu keputusan membeli produk yang telah diinformasikan. 
 Menurut (Sheila & Rahma 2007) Minat beli diperoleh dari suatu proses belajar dan proses pemikiran yang membentuk sebuah persepsi. Indikator purchase intention adalah : 1. Kesediaan mendapatkan informasi mengenai produk. 2. Keinginan untuk membeli kembali produk. 3. Kesediaan akan merekomendasikan produk kepada kerabat atau relasi.

No comments:

Post a Comment