Sunday, May 10, 2020

Motif Belanja Hedonik (skripsi dan tesis)


Hedonic shopping motives yaitu kebutuhan yang bersifat psikologis seperti rasa puas, gengsi, emosi, dan perasaan subjektif lainnya. Kebutuhan ini seringkali muncul untuk memenuhi tuntutan sosial dan estetika dan disebut juga motif emosional. (Leha & Subagio, 2014) Motif belanja hedonik dikembangkan oleh Arnold and Reynolds dikelompokkan menjadi enam dimensi yaitu yang pertama adalah adventure shopping didefenisikan sebagai belanja ada tantangan, suatusensasi, menggembirakan, masuk lingkungan universal yang menyenangkan. Kedua adalah Social shopping didefenisikan sebagai sosialisasi adalah tujuan utama dari pembelanja ketika mereka pergi belanja. Ketiga adalah Gratification shopping didefenisikan sebagai kehidupan yang kompleks saat ini dan tingkat stres meningkat di masyarakat. Beberapa orang belanja untuk menghilangkan stress. Keempat adalah Idea Shopping didefenisikan sebagai berbelanja memberikan pengetahuan baru perkembangan trend baru dan model baru. Kelima adalah Role shopping didefenisikan sebagai peranan belanja direfleksikan dalam kenikmatan, dipengaruhi oleh perasaan dan keadaan hati (moods). Keenam adalah Value shopping didefenisikan sebagai beberapa orang belanja untuk menemukan barang yang baik dan bernilai bagi dirinya. (Subagio, 2011). Motif belanja hedonik merupakan stimuli yang menseleksi kualitas lingkungan belanja dari sisi kenikmatan (enjoyment) yang dirasakan, rasa tertarik akibat pandangan mata (visual appeal) dan rasa lega (escapism). Subagio (2011) menyatakan motif belanja hedonik adalah kebutuhan tiap individu akan suasana dimana seseorang merasa bahagia, senang, kebutuhan suasana senang tersebut menciptakan arousal, mengacu pada tingkat dimana 12 seseorang merasa siaga, digairahkan, atau situasi aktif. Motif belanja hedonik adalah kebutuhan yang bersifat psikologis seperti rasa puas, gengsi, emosi dan perasaan subjektif lainnya. Kebutuhan sering kali muncul untuk memnuhi tuntutan sosial, estetika dan disebut juga motif emosional (Setiadi, 2003). Motif hedonik sama artinya dengan recreational shopping, yaitu aktifitas berbelanja yang dilakukan karena waktu luang, merupakan suatu hiburan, untuk memperoleh kesenangan dan kepuasan bagi diri sendiri. Menurut J. Arnold dan Kristy E. Reylond (2003) menyatakan ada enam golongan besar motivasi belanja hedonik, sebagai berikut: Adventure shopping, Social shopping, Gratification shopping, Idea shopping, Role shopping, Value shopping.

No comments:

Post a Comment