Monday, January 30, 2023

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Saing (skripsi,tesis,disertasi)

 


Menurut Muhardi (20017:41) adapun factor-faktor yang mempengaruhi daya
saing adalah:
a) Lokasi
Memperhatikan lokasi usaha sangat penting untuk kemudahan pembeli
dan menjadi faktor utama bagi kelangsungan usaha. Lokasi usaha yang
strategis menarik perhatian pembeli. Letak atau lokasi menjadi sangat penting
untuk memenuhi kemudahan pelanggan dalam berkunjung, konsumen tentu
mencari jarak tempuh terpendek. Walau tidak menutup kemungkinan
konsumen dari jarak jauh juga membeli, tapi persentasenya kecil.
b) Harga
Harga adalah jumlah dari seluruh nilai yang ditukar konsumen atas
manfaat-manfaat mmiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut. Harga
menentukan apakah sebuah supermarket, minimarket, atau swalayan banyak
dikunjungi konsumen atau tidak. Faktor harga juga berpengaruh pada seorang
pembeli untuk mengambil keputusan. Harga juga berhubungan dengan diskon,
pemberian kupon berhadiah, dan kebijakan penjualan. Bagi pelangggan yang
sensitif biasanya harga murah adalah sumber kepuasan yang penting karena
mereka mendapatkan value for money yang tinggi
c) Pelayanan
Program pelayanan / service seringkali menjadi pokok pemikiran
pertama seorang pengelola supermarket/minimarket. Pelayanan melalui
produk berarti konsumen dilayani sepenuhnya melalui persediaan produk
yang ada, produk yang bermutu. Pelayanan melalui kemampuan fisik lebih
mengacu kepada kenyamanan peralatan (trolley atau keranjang belanja),
tempat parkir yang nyaman, penerangan ruangan yang baik, juga keramahan
dari karyawan.
d) Mutu atau kualitas
Keyakinan untuk memenangkan persaingan pasar sangat ditentukan oleh
kualitas produk yang dihasilkan perusahaan. Berkenaan dengan kualitas
produk, Muhardi dalam bukunya Strategi Operasi Untuk Keunggulan
Bersaing mengutip pendapat Adam dan Ebert yang menyatakan: “product
quality is the appropriateness of design specifications to function and use as
well as the degree to which the product conforms to the design specifications”.
Kualitas produk ditunjukkan oleh kesesuaian spesifikasi desain dengan fungsi
atau kegunaan produk itu sendiri, dan juga kesesuaian produk dengan
spesifikasi desainnya. Jadi suatu perusahaan memiliki daya saing apabila
perusahaan itu menghasilkan produk yang berkualitas dalam arti sesuai
dengan kebutuhan pasarnya.
e) Promosi
Semakin sering suatu supermarket/swalayan melakukan promosi,
semakin banyak pengunjung dalam memenuhi kebutuhannya. Promosi bisa
dilakukan melalui berbagai iklan baik di media cetak, elektronik, maupun
media lain. Promosi penjualan terdiri dari insentif jangka pendek untuk
mendorong pembelanjaan atau penjualan produk atau jasa, yang mana
promosi penjualan ini mencakup suatu variasi yang luas dari alat-alat promosi
yang didesain untuk merangsang respons pasar yang lebih cepat, atau yang
lebih kuat.
4) Manfaat Peningkatan Daya Saing
Dalam lingkungan persaingan yang semakin kompetitif dan adanya
situasi pasar yang dinamis, maka setiap perusahaan tidak mungkin lagi
untuk menghindari persaingan, tetapi yang harus dilakukan adalah
menghadapi tingkat persaingan tersebut dengan cara yang sebaik baiknya.
Sebaik-baiknya disini diartikan sebagai upaya yang dilakukan secara
optimal dan berkesinambungan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik
dan lebih baik lagi di masa yang akan datang.

No comments:

Post a Comment