Saturday, August 5, 2023

Faktor-Faktor Perilaku Konsumen


Faktor-faktor perilaku konsumen merupakan manifestasi dari perilaku
manusia yang sangat kompleks dan komprehensif, hal ini disebabkan oleh
banyaknya variabel yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen dengan
kecenderungan untuk saling berinteraksi. Perilaku konsumen ditimbulkan oleh 
adanya interaksi antara faktor-faktor lingkungan dan individu. Dalam interaksi
tersebut sosialisasi antara individu mengakibatkan terjadinya transfer dan
interaksi perilaku (Swastha dan Handoko, 2000:27). Faktor-faktor teori
perilaku konsumen menurut Swastha dan Handoko (2000:28) adalah sebagai
berikut:
1. Teori Ekonomi Mikro
Dalam teori ini menjelaskan bahwa keputusan untuk membeli merupakan
hasil perhitungan ekonomis rasional yang sadar. Pembeli individual
berusaha menggunakan barang-barang yang akan memberikan kegunaan
(kepuasan) paling banyak, sesuai dengan selera dan harga-harga relatif.
2. Teori Psikologis
Teori psikologis ini mendasarkan diri pada pada faktor-faktor psikologis
individu yang selalu dipengaruhi oleh kekuatan lingkungan yang merupakan
penerapan dari teori-teori bidang psikologis dalam menganalisa perilaku
konsumen.
3. Teori Sosiologis
Teori ini lebih menitik beratkan pada hubungan dan pengaruh antara
individu - individu yang dikaitkan dengan perilaku mereka jadi lebih
mengutamakan perilaku kelompok dari pada perilaku individu.
4. Teori Antropologis
Teori ini menekankan pada tingkah laku pembelian dari suatu kelompok
tetapi kelompok yang diteliti adalah kelompok masyarakat luas antara lain:   
kebudayaan (kelompok paling besar), sub kultur (kebudayaan daerah), dan
kelas sosial

No comments:

Post a Comment