Saturday, August 5, 2023

Pengertian Keputusan Pembelian

 


Menurut Schiffman Kanuk (2004), keputusan konsumen adalah pemilihan
dari dua atau lebih alternatif pilihan untuk mencapai suatu keputusan
pembelian. Artinya, ketika seseorang mengambil keputusan maka harus
tersedia beberapa alternatif pilihan. Keputusan untuk membeli suatu produk
atau jasa dapat mengacu kepada bagaimana proses pengambilan keputusan
tersebut dilakukan.
Terdapat tiga tahap dalam menentukan pengambilan keputusan pembelian,
tiga tahap tersebut saling berhubungan satu sama lainnya. Tahapan tersebut
yaitu:
1. Tahap Input
Tahap input atau masukan mempengaruhi pengenalan konsumen terhadap
kebutuhan atas suatu produk. Pada tahap ini, konsumen mendapatkan informasi
dari dua sumber utama yaitu dari usaha pemasaran perusahaan seperti bauran
pemasaran perusahan yang terdiri atas produk, harga, promosi dan saluran
distribusi serta dari pengaruh non komerisal lingkungan sosial budaya seperti
keluarga, teman, tentangga, kelas sosial, budaya dan sub-budaya. Dua sumber
informasi utama ini dapat memberikan masukan terhadap apa yang dibeli oleh
konsumen dan bagaimana mereka menggunakannya. 
2. Tahap Proses
Tahap proses berhubungan dengan bagaimana cara konsumen mengambil
keputusan. Untuk dapat memahaminya, diperlukan pertimbangan pengaruh dari
berbagai bidang psikologis seperti motivasi, persepsi, pembelajaran,
kepribadian, gaya hidup, kesadaran terhadap berbagai pilihan produk, kegiatan
mengumpulkan informasi dan penilaian terhadap berbagai alternatif.
Dalam tahap ini konsumen membentuk prefensi antar merek dalam kumpulan
pilihan dan memilih untuk membeli merek yang mereka sukai dalam melakukan
pembelian. Konsumen dapat membentuk lima sub-keputusan, yaitu keputusan
merek, penyalur, kuantitas, waktu dan metode pembayaran.
3. Tahap Output
Tahap output menyangkut dua kegiatan pasca pembelian yaitu perilaku
pembelian dan penilaian pasca pembelian. Penilain pasca pembelian dapat
berpengaruh terhadap pembelian ulang (repeat purchase), karna apabila
konsumen merasakan puas atas barang yang dibelinya maka konsumen akan
melakukan pembelian ulang. Namun, apabila konsumen tidak puas atas barang
yang dibelinya maka konsumen akan mencari produk lain yang dapat
memberikan kepuasan lebih dari produk sebelumnya.

No comments:

Post a Comment