Saturday, August 5, 2023

Indikator Keputusan Pembelian

 


Menurut Kotler, terdapat empat indikator untuk menentukan keputusan
pembelian yang tertuang dalam bentuk model AIDA. AIDA (Attention,
Interest, Desire, Action) merupakan satu pesan yang harus mendapatkan 
perhatian, menjadi ketertarikan minat, dan mengambil tindakan. Model AIDA
(Attention, Interest, Desire, Action) dikenal sebagaimana seorang pemasar
merancang pesan yang disampaikan dengan kata yang tepat sehingga
terjadinya pengambilan keputusan akan pembelian produk. Tetapi tidak semua
pemasar dapat menyampaikan pesannya dengan baik sehingga dapat
menyebabkan terjadinya keraguan konsumen dalam memilih kebutuhan dan
keinginannya.
Definisi diatas dapat diimplikasikan bahwa AIDA (Attention, Interest,
Desire, Action) merupakan alat penyampaian suatu pesan yang ideal kepada
konsumen dimana melalui suatu tahapan yang terdiri dari perhatian (attention),
ketertarikan (interest), keinginan (desire) dan mengambil tindakan (action).
1. Perhatian (Attention)
Dalam perhatian atau attention ini seorang pemasar haruslah mampu
membuat sebuah media informasi agar mengandung daya tarik bagi
konsumen. Membuat suatu pernyataan yang mengungkap perhatian orang,
membuat kata atau gambar yang powerful yang bisa menarik perhatian
orang dan memperhatikan isi pesan tersebut.
2. Ketertarikan (Interest)
Ketertarikan adalah langkah setelah seorang pemasar mampu untuk
membuat sebuah media informasi tersebut agar dapat mengandung daya
tarik bagi konsumen, seorang pemasar haruslah memikirkan sebuah media
informasi agar dapat mengandung minat bagi calon pelanggan atau
konsumennya tersebut. Kebanyakan media informasi yang buruk 
melalaikan dalam melakukan tahapan ini, padahal ditahap inilah sebenarnya
target atau konsumen bersedia memberikan waktunya untuk membaca
pesan dari pemasar lebih detail. Cara yang baik untuk menarik minat
konsumen adalah dengan menjelaskan fitur dan benefit dari produk yang
ditawatkan.
3. Keinginan (Desire)
Selanjutnya langkah yang harus dilakukan oleh seorang pemasar adalah
memunculkan keinginan konsumen untuk mencoba atau memiliki. Dalam
tahapan ini pemasar haruslah jeli dalam membaca target atau konsumen.
Langkah ini untuk membuktikan bahwa seorang pemasar mampu
memberikan solusi yang tepat dalam melakukan sebuah keputusan bagi
konsumen. Dalam tahap ini konsumen telah mempunyai motivasi untuk
memiliki produk.
4. Tindakan (Action)
Dalam tahapan ini, seorang pemasar sudah mengarah pada tindakan untuk
membeli. Tahapan action ini menjelaskan langkah apa yang dilakukan oleh
seorang pemasar dalam menginginkan untuk konsumen atau target untuk
melakukan pembelian. Dalam tindakan action ini merupakan salah satu
upaya terakhir untuk membujuk calon pembeli agar sesegera mungkin
melakukan tindakan pembelian.

No comments:

Post a Comment