Sunday, April 30, 2023

Arah Aliran Informasi

 


Secara umum Arah Aliran Informasi ada 3 yaitu :
1. Komunikasi ke Bawah
Komunikasi ke bawah menunjukkan arus pesan yang mengalir dari para atasan
atau para pimpinan kepada bawahannya. Kebanyakan komunikasi ke bawah
digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan yang berkenan dengan tugas-tugas
dan pemeliharaan. Pesan tersebut biasanya berhubungan dengan pengarahan, tujuan
disiplin, perintah, pertanyaan dan kebijakan umum. Menurur Lewis (Arni,
2009:108) komunikasi ke bawah adalah untuk menyampaikan tujuan, untuk
merubah sikap,membentuk pendapat, mengurangi ketakutan, dan kecurigaan yang
timbul karena salah informasi, mencegah kesalahpahaman karena kurang informasi
dan mempersiapkan anggota organisasi untuk menyesuaikan diri dengan
perubahan.
Ada lima jenis informasi yang biasa dikomunikasikan dari atasan kepada
bawahan menurut Katz dan Kahn (dalam Pace, 1998:184):
1. informasi mengenai bagaimana melakukan pekerjaan
2. informasi mengenai dasar pemikiran untuk melakukan pekerjaan
3. informasi mengenai kebijakan dan praktik-praktik organisasi
4. informasi mengenai kinerja pegawai
5. informasi untuk mengembangkan rasa memiliki tugas (sense of mission).
2. Komunikasi ke Atas
Komunikasi ke atas adalah pesan yang mengalir dari bawahan kepada atasan
atau dari tingkat yang lebih rendah kepada tingkat yang lebih tinggi. Semua
karyawan dalam suatu organisasi kecuali yang berada pada tingkatan yang paling
atas mungkin berkomunikasi ke atas. Tujuan dari komunikasi ini adalah untu.k
memberikan balikan,memberikan saran dan mengajukan saran dan mengajukan
pertanyaan. Komunikasiini mempunyai efek pada penyempurnaan moral dan sikap
karyawan, tipe pesan adalah integrasi dan pembaruan (Arni, 2009:116).Komunikasi
ke atas mempunyai beberapa fungsi atau nilai tertentu. Menurut Pace fungsinya
adalah sebagai berikut:
a) Dengan adanya komunikasi ke atas supervisor dapat mengetahui kapan
bawahannya siap untuk diberi informasi dari mereka dan bagaimana
baiknya mereka menerima apa yang disampaikan karyawan.
b) Arus komunikasi ke atas memberikan informasi yang berharga bagi
pembuatan keputusan.
c) Komunikasi ke atas memperkuat apresiasi dan loyalitas karyawan terhadap
organisasi dengan jalan memberikan kesempatan untuk menanyakan
pertanyaan, mengajukan ide-ide dan saran-saran tentang jalannya
organisasi.
d) Komunikasi ke atas membolehkan, bahkan mendorong desas-desus muncul
dan membiarkan supervisor mengetahuinya.
e) Komunikasi ke atas menjadikan supervisor dapat menentukan apakah
bawahan menangkap arti seperti yang dia maksudkan dari arus informasi
yang ke bawah.
f) Komunikasi ke atas membantu karyawan mengatasi masalah-masalah
pekerjaan mereka dan memperkuat keterlibatan mereka dalam tugastugasnya dan organisasi.
3. Komunikasi Horizontal
Komunikasi horizontal adalah pertukaran pesan di antara orang-orang yang
sama tingkatan otoritasnya di dalam organisasi. Pesan yang mengalir menurut
fungsi dalam organisasi diarahkan secara horizontal. Pesan ini biasanya
berhubungan dengan tugas-tugas atau tujuan kemanusiaan, seperti koordinasi,
pemecahan masalah, penyelesaian konflik dan saling memberikan informasi (Arni,
2009:121)

No comments:

Post a Comment