Sunday, April 30, 2023

Proses Manajemen Komunikasi

 


Komunikasi dalam praktiknya merupakan proses yang paling utama untuk
melaksanakan fungsi manajemen terutama guna mencapai tujuan organisasi.
Dalam hal ini, kaitannya komunikasi dengan proses manajemen diterapkan
melalui berbagai aktivitas yang berkenaan dengan alur informasi berdasarkan
tingkat struktur organisasinya.
Komunikasi yang dilakukan secara efektif dapat mempengaruhi proses
keberhasilan komunikasi untuk memberikan informasi kepada orang laia yang ada
dalam organisasi. Setiap organisasi harus menerapkan komunikasi yang efektif dalam
memberikan pelayanan terbaiknya kepada pelanggan atau klien. Komunikasi akan
berjalan dengan baik apabila disertai dengan perencanaan yang matang dalam hal ini
menerapkan managemen komunikasi. Komunikasi adalah proses penyebaran
informasi, gagasan, atau pertanyaan dari komunikator kepada komunikan.
Komunikasi adalah unsur yang sangat krusial, yang didalamnya memuat
beberapa tujuan, diantaranya:
1. Menentukan dan menyampaikan maksud atau informasi.
2. Mengembangkan segala perencanaan guna mewujudkan tujuan.
3. Mengelola SDM dan sumber daya lainnya agar dapat dimanfaatkan secara
efektif dan efisien. 
4. Memilih, mengembangkan, dan mengevaluasi setiap individu yang menjadi
bagian dari organisasi.
5. Memimpin, mengarahkan, mendorong dan membuat suasana kerja agar
setiap orang memberikan kontribusi dan kemampuannya guna mencapai
tujuan organisasi.
Manajemen komunikasi seringkali dikaitkan dengan interaksi sosial.
Setiap orang harus mampu memposisikan dirinya sesuai posisi dan kondisi
tertentu, yang di dalam organisasi setiap orang dituntut untuk dapat menghadapi
dan menjalin kerjasama dengan individu lain secara profesional. Manajemen
komunikasi ini diterapkan di dalam dan diantara sistem sosial. Manajemen
komunikasi mencakup konsep P4 (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan
dan pengontrolan) pada setiap tingkatan struktur sosial, yang mencakup individu,
kelompok, organisasi, maupun masyarakat.
Isilah manajemen berdasarkan ilmu komunikasi didefiniskan sebagai cara
untuk memengaruhi individu lain. Dalam konsep manajemen komunikasi
diterangkan bahwasannya kemampuan dalam berkomunikasi sudah ada dalam diri
setiap orang, maka perlu adanya pengembangan skill tersebut agar semakin baik.
Dalam manajemen komunikasi memadukan antara pendekatan manajemen dan
pengelolaan komunikasi, dimana keduanya sama-sama ditujukan guna
merelaisasikan keharmonisan dalam proses komunikasi itu sendir

No comments:

Post a Comment