Sunday, April 30, 2023

Nilai Perusahaan

 


Salah satu tujuan, visi dan misi perusahaan adalah meningkatkan nilai
perusahaannya guna meningkatkan kemakmuran bagi para pemilik perusahaan.
Nilai perusahaan adalah harga jual seandainya perusahaan tersebut dijual yang
tidak hanya mencerminkan nilai aset perusahaan tetapi juga tingkat risiko usaha,
prospek perusahaan, manajemen lingkungan usaha, dan faktor-faktor lain apabila
perusahaan tersebut belum go public (Sartono, 2001).
Menurut Weston danCopeland (1992) nilai perusahaan merupakan tujuan dasar
dari suatu perusahaan yang digunakan sebagai ukuran untuk memaksimalkan
kekayaan pemilik. Bagi perusahaan yang telah go public pemaksimalan nilai
perusahaan ini seringkali dinyatakan dalam bentuk maksimalisasi nilai atau harga
saham. Jika kinerja suatu perusahaan baik, maka nilai atau harga perusahaan
tersebut akan meningkat. Sebaliknya jika kinerja perusahaan tersebut turun atau
buruk maka akan berpengaruh pula terhadap nilai atau harga saham perusahaan
tersebut. Nilai perusahaan tersebut akan menurun pula. Dengan demikian harga
saham kepemilikan merupakan gambaran keadaan perusahaan yang sebenarnya di
mana bisa dijadikan indikator yang tepat untuk mengukur nilai perusahaan.
Tinggi rendahnya harga saham banyak dipengaruhi oleh kondisi emiten. Salah
satu faktor yang mempengaruhi harga saham adalah besarnya kemampuan
perusahaan dalam membayar dividen. Nilai perusahaan dapat dilihat dari besarnya
kemampuan perusahaan membayar dividen, besarnya dividen ini akan
mempengaruhi harga saham. Selain dipengaruhi oleh harga saham, nilai
perusahaan akan dipengaruhi oleh kebijakan atau keputusan yang diambil oleh
manajer perusahaan yang meliputi keputusan-keputusan pendanaan, keputusan
investasi dan kebijakan dividen. Untuk keputusan pendanaan dan investasi tidak
mempengaruhi nilai perusahaan secara langsung. Lain halnya dengan kebijakan
dividen yang berpengaruh langsung terhadap nilai perusahaan.

No comments:

Post a Comment