Sunday, April 30, 2023

Kebijakan Dividen

 


Beberapa teori yang menjelaskan tentang kebijakan dividen yaitu:
a. Irrelevant dividen theory
Menurut Miller Modigliani, mengemukakan teori bahwa kebijakan
dividen tidak mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan karena rasio
pembayaran dividen hanyalah rincian dan tidak mempengaruhi kesejahteraan
pemegang saham dan menyatakan jika pada tahun ini perusahaan tidak
membagikan dividen maka pada tahun depan investor bisa memperoleh
dividen tahun depan dan dividen yang seharusnya dibayar tahun ini plus
tingkat keuntungan dari dividen yang ditahan tersebut.
b. Dividen dibayar tinggi (Bird In The Hand Theory)
Menurut teori bird in the hand, pemegang saham lebih menyukai
dividen tinggi dibandingkan dengan dividen yang akan dibagikan dimasa yang
akan datang dan capital gains. Teori ini mengasumsikan bahwa dividen lebih
pasti daripada pendapatan modal. 
c. Efek Klien (clientele Effect)
Clientele effect adalah kecenderungan perusahaan untuk menarik jenis
investor yang menyukai kebijakan dividennya. Miller dan Modigliani
menyatakan bahwa suatu perusahaan menetapkan kebijaka pembagian dividen
khusus, yang selanjutnya menarik sekumpulan peminat atau clientele yang
terdiri dari para investor yang menyukai kebijakan dividen khusus tersebut.
d. Information Content of Dividend Theory
Menurut teori ini, investor akan melihatkan kenaikan dividen sebagai
sinyal positif atas prospek perusahaan di masa depan. Karena pembayaran
dividen ini dapat mengurangi ketidakpastian dan mengurangi konflik
keagenan antara manajer dan pemegang saham.
e. Signaling Theory
Menurut signaling theory tersebut, dividen dipakai sebagai signal oleh
perusahaan. Jika perusahaan merasa bahwa prospek di masa mendatang baik,
pendapatan aliran kas diharapkan meningkat atau diperoleh pada tingkat di
mana dividen yang meningkat dividen. Hal yang sebaliknya akan terjadi. Jika
perusahaan merasa prospek di masa mendatang menurun, perusahaan akan
menurunkan pembayaran dividennya. Menurut teori tersebut, diividen
mempunyai kandungan informasi, yaitu prospek perusahaan di masa
mendatang

No comments:

Post a Comment