Sunday, April 30, 2023

Pengertian Manajemen Komunikasi

 


Manajemen merupakan proses yang khas yang bertujuan untuk mencapai
suatu tujuan dengan efektif dan efisien menggunakan semua sumber daya yang
ada. Kata manajemen berarti pemimpin, direksi dan pengurus yang diambil dari
kata kerja “manage”. “Manage” mengandung arti mengemudikan, mengurus dan
memerintah. Menurut bahasa Italia, istilah manajemen berasal dari “managiere”
yang berarti melatih kuda sebagai pelatih, dan istilah managedalam bahasa
Perancis bermakna tindakan membimbing atau memimpin.
Hersey dan Blanchard berpendapat yang dikutip Syafarudin mengemukakan
bahwa manajemen adalah proses bekerja sama antar individu dan kelompok serta
sumber daya lainnya dalam mencapai tujuan organisasi. Dengan kata lain,
aktivitas aktivitas manajerial hanya ditemukan dalam wadah sebuah organisasi,
baik organisasi bisnis, pemerintahan, sekolah, industri, rumah sakit, dan lain-lain.
Dari beberapa kutipan di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah
kemampuan mengarahkan dan mencapai hasil yang diinginkan dengan
pemberdayaan manusia dan sumber daya lainnya saling bekerjasama antar
individu dan kelompok dalam mencapai tujuan suatu organisasi. K Jerry C.
Wofford (1977: 9-13) menjelaskan pelaksanaan kegiatan manajemen komunikasi
internal perusahaan berdasarkan fungsi utama proses manajemen yaitu
perencanaan, pengorganisasian, pembinaan dan pengendalian.
Proses Istilah manajemen komunikasi menurut Harry Irwin (1994: 10)
menunjukkan bahwa untuk menerapkan konsep manajemen komunikasi,
digunakan model yang dapat mengembangkan komunikasi yang terdiri dari dua 
bidang utama, yaitu gambaran situasi dan kondisi. Manusia memiliki kemampuan
untuk mengkomunikasikan kekuatan dan kelemahannya sendiri dan
menggambarkan "kemampuan" bidang pemahaman dan keterampilan komunikasi.
Jika area pertama adalah pemahaman, maka area kedua adalah bagian dari skill
atau kemampuan yang bisa ditingkatkan dan diperbarui setiap saat. Artinya,
keterampilan komunikasi tidak bawaan, tetapi harus dipelajari dan ditingkatkan.
Tujuan utama manajemen komunikasi adalah memanfaatkan sumber daya
manusia dan teknis sebaik mungkin untuk meningkatkan dialog dengan orang
lain. Intinya, hasil dari proses komunikasi tersebut adalah terjalinnya dialog dua
arah, sekaligus pertukaran informasi yang relatif seimbang.
Oleh karenanya, perencanaan, penataan, pelaksanaan dan evaluasi itu
menjadi sangat penting demi suksesnya suatu kegiatan tertentu. Dalam hal ini
dapat dipahami bahwa manajemen itu sangat dibutuhkan untuk mencapai
kesuksesan dalam berbagai kegiatan.Kegiatan manajemen mencakup pengkajian
yang sangat luas, sebab aktivitas manajemen dimulai dari bagaimana menentukan
arah organisasi di masa depan, menciptakan kegiatan-kegiatan organisasi,
mendorong terbinanya kerjasama antara sesama anggota organisasi, serta
mengawasi kegiatan dalam mencapai suatu tujuan.
Untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif efesien maka manajemen
harus difungsikan sepenuhnya pada setiap lembaga atau organisasi, industri,
perbankan,perusahaan, maupun pendidikan. Sondang P. Siagian mengemukakan
bahwa fungsi manajemen mencakup 1) perencanaan, 2) pengorganisasian, 3)
pemotivasian, 4) pengawasan, dan 5) penilaian. Mengacu kepada pendapat G.R.
Terry terdapat empat fungsi manajemen, yakni: (1) planning (perencanaan); (2)
Organizing (pengorganisasian); (3) actuating (pelaksanaan); (4) controlling
(pengawasan)

No comments:

Post a Comment