Sunday, April 30, 2023

Efek Komunikasi

 


Efek komunikasi diartikan sebagai pengaruh yang ditimbulkan pesan
komunikator dalam diri komunikannya. Terdapat tiga pengaruh dalam diri
komunikan, yaitu kognitif (seseorang menjadi tahu tentang sesuatu), afektif (sikap 
seseorang terbentuk) dan konatif (tingkah laku yang membuat seseorang bertindak
melakukan sesuatu, Daryanto(2010:27).
Efek komunikasi adalah dampak yang di ikuti dari beragam bentuk pesan atau
content, komunikasi yang ditransformasikan dalam interaksi komunikasi atau
komunikasi massa. target audience yang menjadi sasaran media dan saluran
politik lainnya.
Efek komunikasi dalam proses dan tindakan politik ada tiga jenis atau tahap,
yaitu :
a. Kognitif yaitu efek komunikasi politik yang berlangsung pada level
pemikiran
b. Afektif yaitu efek komunikasi pada level emotional/ perasaan/sikap.
c. Efek Perilaku (behavior) yaitu efek komunikasi politik pada level perilaku
Kemudian ada juga efek jangka pendek dan panjang, antara lain sebagai
berikut :
a) Short tern efek yaitu efek jangka pendek yang berlangsung pada individu,
group, dan yang bersifat cepat dan sementara. misal : opini mengenai kasus
politik.
b) Long tern efek yaitu efek komunikasi atau komunikasi massa yang bersifat
lambat.

No comments:

Post a Comment