Sunday, April 30, 2023

Tujuan Komunikasi Organisasi

 


Ada empat tujuan komunikasi organisasi, yaitu:
a. Menyatakan pikiran, pandangan, dan pendapat. Memberi peluang
bagi para pemimpin organisasi dan anggotanya untuk menyatakan
pikiran, pandangan, dan pendapat sehubungan dengan tugas dan
fungsi yang mereka lakukan.
b. Membagi informasi (informationsharing). Memberi peluang kepada
seluruh aparatur organisasi untuk membagi informasi dan memberi
makna yang sama atas visi, misi. tugas pokok, fungsi organisasi,
sub-organisasi, individu, maupun kelompok kerja dalam organisasi.
c. Menyatakan perasaan dan emosi. Memberi peluang bagi para
pemimpin dan anggota organisasi untuk bertukar informasi yang
berkaitan dengan dan emosi.
d. Tindakan koordinasi. Bertujuan mengordinasikan sebagian atau
seluruh tindakan yang berkaitan dengan tugas dan fungsi organisasi,
yang telah dibagi habis ke dalam bagian atau subbagian organisasi.
Organisasi tanpa koordinasi dan organisasi tanpa komunikasi sama
dengan organisasi yang menampilkan aspek individual dan bukan
menggambarkan aspek kerja sama.

No comments:

Post a Comment