Tuesday, January 3, 2023

Pengertian Prestasi Belajar (skripsi, tesis, disertasi)

 


Menurut Rosyid,Et.al (2019: 8) mengemukakan bahwa prestasi dalam
belajar adalah hasil dari pengukuran terhadap peserta didik yang meliputi faktor
kognitif, afektif dan psikomotorik setelah mengikuti proses pembelajaran yang
diukur dengan menggunakan instrumen tes atau instrumen yang relevan. Dari
uraian di atas dapat diperkuat dari pendapat Suprijono (2013: 5) hasil belajar
adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap,
aspirasi dan keterampilan-keterampilan.
Hasil belajar sering juga disebut sebagai prestasi belajar yang tidak bisa
dipisahkan dari kegiatan belajar mengajar, karena belajar merupakan suatu proses,
sedangkan prestasi belajar merupakan suatu hasil dari proses belajar.
Kegiatan pembelajaran sangat diperlukan adanya evaluasi yang bertujuan
untuk mengetahui prestasi yang telah ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan
pembelajaran tersebut. Salah satu bukti yang menggambarkan keberhasilan
peserta didik di sekolah adalah prestasi belajar.
Menurut Dimyati dan Mudjiono (2009: 3) menyatakan bahwa prestasi
belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar.
Dari sisi guru mengajar diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar. Dari sisi
peserta didik merupakan berakhirnya penggal dan puncak proses belajar.
Sedangkan menurut Darmadi (2017: 300) menyebutkan bahwa prestasi
belajar adalah hasil pengukuran dari penilaian usaha belajar yang dinyatakan
dalam bentuk simbol, huruf maupun kalimat yang menceritakan hasil yang sudah
dicapai oleh setiap anak pada periode tertentu.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar merupakan hasil akhir
yang berupa penguasaan pengetahuan, keterampilan dan juga sikap yang
berbentuk simbol, huruf maupun kalimat yang diberikan pendidik kepada peserta
didik setelah proses pembelajaran selesai sebagai acuan atau tolak ukur dari hasil
kegiatan pembelajarannya

No comments:

Post a Comment