Tuesday, January 3, 2023

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar (skripsi, tesis, disertasi)

 


Pentingnya pengenalan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi
prestasi belajar untuk dapat membantu peserta didik dalam mencapai prestasi
belajar seoptimal mungkin, faktor-faktor tersebut secara global dipengaruhi oleh
faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik (internal) maupun faktor yang
berasal dari luar diri peserta didik (eksternal). Menurut Slameto dalam Darmadi
(2017: 305) mengungkapkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi Prestasi
Belajar banyak jenisnya, tetapi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:
1. Faktor internal yaitu faktor yang ada dalam diri individu yang sedang
belajar, faktor intern terdiri dari:
1) Faktor jasmaniah (kesehatan dan cacat tubuh)
2) Faktor psikologis (inteligensi, perhatian, minat, bakat, motif,
kematangan dan kesiapan)
3) Faktor kelelahan
2. Faktor eksternal, yaitu faktor dari luar individu. Faktor ekstern terdiri
dari:
1) Faktor keluarga (cara orang tua mendidik, relasi antara anggota
keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian
orang tua, dan latar belakang kebudayaan).
2) Faktor sekolah (metode mengajar guru, kurikulum, relasi guru
dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat
pelajaran, waktu sekolah, standar belajar diatas ukuran, keadaan
gedung, metode belajar dan tugas rumah).
3) Faktor masyarakat (kegiatan siswa dalam masyarakat, mass media,
teman bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat).
Sedangkan menurut Ahmadi dan Supriyono (2013: 138) mengemukakan
pendapat yang tidak jauh berbeda, bahwa faktor yang mempengaruhi prestasi
belajar dalam belajar digolongkan menjadi dua faktor sebagai berikut:
1. Faktor internal adalah:
1) Faktor jasmaniah (fisiologis) baik yang bersifat bawaan maupun
yang diperoleh. Yang termasuk ke dalam faktor ini adalah
penglihatan, pendengaran, struktur tubuh dan sebagainya.
2) Faktor psikologis baik yang bersifat bawaan maupun yang
diperoleh melalui usaha, yaitu terdiri atas faktor intelektif
(kecerdasan dari bakat, serta faktor non interaktif yaitu unsur-unsur
kepribadian tertentu (sikap, kebiasaan, minat, kebutuhan, motivasi,
emosi, penyesuaian diri).
2. Faktor eksternal adalah:
1) Faktor sosial yang terdiri atas lingkungan keluarga, lingkungan
sekolah, lingkungan masyarakat, lingkungan kelompok.
2) Faktor kebudayaan seperti adat, istiadat, ilmu pengetahuan,
teknologi dan kesenian.
3) Faktor lingkungan fisik seperti fasilitas rumah, fasilitas belajar.
4) Faktor spiritual atau keagamaan berinteraksi secara langsung atau
tidak langsung dalam mencapai prestasi belajar
Dari beberapa pendapat para ahli di atas memiliki persamaan, sehingga
dapat disimpulkan bahwa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta
didik yaitu faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa dan faktor eksternal
yang berasal dari luar diri siswa

No comments:

Post a Comment