Tuesday, January 3, 2023

Proses yang Mempengaruhi Observational Learning (skripsi, tesis, disertasi)


 Menurut Bandura dalam Hergenhahn dan Olson (2008: 363-366) menyebutkan empat proses yang memengaruhi belajar observasional sebagai berikut: 1) Proses Atensional Sebelum sesuatu dapat dipelajari dari model, model itu harus diperhatikan. Bandura menganggap belajar adalah proses yang harus berlangsung, tetapi dia menunjukkan bahwa hanya yang diamati saja yang dapat dipelajari. 2) Proses Retensional Agar informasi yang telah diperoleh dari observasi dapat berguna, informasi itu harus diingat atau disimpan. Bandura berpendapat bahwa ada retentional process (proses retensional) dimana informasi disimpan secara simbolis melalui dua cara yaitu, secara imajinal (imajinatif) dan secara verbal . 3) Proses Pembentukan Perilaku Behavioral production process (proses pembentukan perilaku) menentukan sejauh mana hal-hal yang telah dipelajari akan diterjemahkan kedalam tindakan atau performa. 10 4) Proses Motivasional Dalam teori Bandura, penguatan memiliki dua fungsi utama. Pertama, ia menciptakan ekspektasi dalam diri pengamat bahwa jika mereka bertindak seperti model yang dilihatnya diperkuat untuk aktivitas tertentu, maka mereka akan diperkuat juga. Kedua, ia bertindak sebagai insentif untuk menerjemahkan belajar ke kinerja. Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa proses yang mempengaruhi Observational Learning melibatkan atensi (perhatian), retensi (pengingatan/penyimpanan), kemampuan behavioral (pembentukan perilaku), dan motivasional.

No comments:

Post a Comment