Kemampuan manajemen untuk meletakkan posisi produk melalui atribut
produk yang dimiliki secara tepat di pasar merupakan salah satu faktor penentu
kesuksesan suatu produk di pasaran. Produk adalah seperangkat atribut dan
manfaat yang dianggap penting hingga tidak penting oleh pemakainya. Menurut
Tjiptono dalam Sutrana (2015:4) atribut produk adalah “unsur-unsur produk
dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar pengambilan keputusan
pembelian”.
Suharno dan dalam Firmansyah (2019:12) atribut produk adalah
“pengembangan suatu produk perlu dilakukan dengen mendefenisikan manfaat
yang akan ditawarkan, yang dikomunikasikan dan disampaikan melalui atribut
produk, seperti kualitas, fitur, gaya dan desain”.
Adapun atirbut-atribut yang menyertai produk menurut Kotler dan
Armstrong dalam Firmansyah (2019:12) meliputi beberapa hal, yaitu sebagai
berikut:
- Kualitas produk
Kualitas produk merupakan salah satu sarana positioning utama untuk
pemasar. Ini memiliki dampak langsung pda kinerja produk. Untuk itu,
kualitas berhubungan erat dengan nilai dan kepuasan pelanggan - Fitur produk
Fitur produk adalah suatu produk bisa ditawarkan dalam beragam fitur,
model dasar, model tanpa tambahan apapun, ini merupakan titik awal.
Fitur yaitu sarana kompetitif untuk mendiferensiasikan produk pesaing - Gaya dan Desain Produk
Desain memiliki konsep yang lebih luas dibanding daya (style). Selain
mempertimbangkan faktor penampilan, desain juga bertujuan untuk
memperbaiki kinerja produk, mengurangi biaya produksi dan menambah
keunggulan bersaing - Merek
Merek (brand) adalah nama, istilah, tanda, lambang atau desain. Atau
kombinasi semuanya, yang menunjukkan identitas pembuat atau penjual
produk jasa. Konsumen akan memandang sebagai bagian penting dari
produk dan penetapan merek bisa menambah nilai bagi suatu produk - Kemasan
Kemasan (packaging) melibatkan perancangan dan produksi wadah atau
pembungkus sebuah produk. Kemasan yang didesain buruk dapat
menyebabkan konsumen enggan membelinya dan perusahaan akan
kehilangan penjualan. Sebaliknya, jika kemasan inovatif akan bisa
memberikan manfaat pada perusahaan melebihi pesaing dan mendorong
penjualan - Label
Label bisa berupa penanda sederhana yang ditempelkan pada produk
hingga rangkaian huruf rumit yang menjadi bagian kemasan. Label ini
memiliki beberapa fungsi diantaranya menunjukkan produk atau merek
dan mengambarkan beberapa hal tentang produk
No comments:
Post a Comment