Teori dan model kepuasan pelanggan dapat memudahkan untuk
mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dari produk atau jasa yang ditawarkan.
Yang mana menjadi dampak perbandingan antara harapan konsumen sebelum
pembelian dengan yang didapatkan setelah melakukan pembelian. Menurut
Indahingwati (2019:41) teori dan model kepuasan pelanggan yaitu:
- Teori Ekonomi Mikro
Berdasarkan teori ini, surplus konsumen mencerminkan kepuasan
konsumen di masa semikin besar surplus konsumen maka semakin besar
pula kepuasan konsumen, dan sebaliknya. - Prespektif Psikologis
Apabila konsumen merasa bahwa kegagalan suatu produk memenuhi
harapannya disebabkan faktor yang bersifat stabil dan berkaitan dengan
pemasarannya, ia cenderung berkeyakinan bila dimasa mendatang ia
membeli produk yang sama, maka kegagalan tersebut akan terulang
kembali - Perespektif Total Quality Management (TQM)
Total Quality Management (TQM) merupakan suatu pendekatan dalam
menjalankan bisnis yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing
“
organisasi melalui perbaikan secara berkesinambungan atas produk jasa,
manusia, proses dan lingkungannya”.
No comments:
Post a Comment