Sunday, April 21, 2024

Teori dan Model Kepuasan Pelanggan


Teori dan model kepuasan pelanggan dapat memudahkan untuk
mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dari produk atau jasa yang ditawarkan.
Yang mana menjadi dampak perbandingan antara harapan konsumen sebelum
pembelian dengan yang didapatkan setelah melakukan pembelian. Menurut
Indahingwati (2019:41) teori dan model kepuasan pelanggan yaitu:

  1. Teori Ekonomi Mikro
    Berdasarkan teori ini, surplus konsumen mencerminkan kepuasan
    konsumen di masa semikin besar surplus konsumen maka semakin besar
    pula kepuasan konsumen, dan sebaliknya.
  2. Prespektif Psikologis
    Apabila konsumen merasa bahwa kegagalan suatu produk memenuhi
    harapannya disebabkan faktor yang bersifat stabil dan berkaitan dengan
    pemasarannya, ia cenderung berkeyakinan bila dimasa mendatang ia
    membeli produk yang sama, maka kegagalan tersebut akan terulang
    kembali
  3. Perespektif Total Quality Management (TQM)
    Total Quality Management (TQM) merupakan suatu pendekatan dalam
    menjalankan bisnis yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing

    organisasi melalui perbaikan secara berkesinambungan atas produk jasa,
    manusia, proses dan lingkungannya”.

No comments:

Post a Comment