Sunday, April 21, 2024

Pengaruh Antara Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen

 


Lupiyoadi (2006) faktor penentu kepuasan konsumen adalah persepsi
konsumen terhadap kualitas suatu produk/jasa. Kualitas produk merupakan hal
yang harus dipertahankan oleh sebuah perusahaan, karena kualitas produk yang
baik dapat membentuk kepuasan dan loyalitas konsumen. Kualitas merupakan
perpaduan antara sifat dan karakteristik yang menentukan sejauh mana keluaran
dapat memenuhi persyaratan kebutuhan konsumen (Lupiyoadi,2006). Hubungan
antara kualitas produk dan kepuasan konsumen diperkuat dengan pendapat Kotler
dan Amstrong (2008) yang menyatakan bahwa jika kualitas produk lebih rendah
dibandingkan dengan harapan, maka Konsumen tersebut tidak puas atau kecewa.
Indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas produk yaitu kesesuaian
dengan spesifikasi (conformance to spesification), Keistimewaan (Feature),
Estetika (aestethic), kualitas yang dipersepsikan (perceived quality) Gaspersz
(2008).

No comments:

Post a Comment