Sunday, April 21, 2024

Pengertian Perilaku Konsumen

 


Perilaku konsumen sering diaplikasikan dalam beberapa hal diantaranya
dalam strategi pemasaran misalnya menentukan kapan saat yang tepat perusahaan
akan memberikan potongan harga untuk menarik pembeli. Perilaku konsumen
dapat membantu pembuat keputusan membuat kebijakan publik dan penyebaran
ide diantara konsumen.
Dengan memahami sikap konsumen dalam menghadapi sesuatu, seseorang
dapat menyebarkan ide dengan lebih cepat dan efektif. Selain itu, juga dapat
memberikan gambaran kepada para produsen dalam pembuatan produk,
penyesuaian harga produk, mutu produk, kemasan dan sebagainya agar dalam
penjualan produknya tidak menimbulkan kekecewaan pada produsen tersebut.
Herlambang (2014:61) mengartikan, “perilaku konsumen adalah proses
dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan,
pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen”.
Masih dalam Herlambang (2014:62), Engel menjelaskan bahwa perilaku
konsumen adalah suatu tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan,
mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk keputusan
mendahului dan menyusuli tindakan ini.
Sunyoto (2015:4), menjelaskan bahwa perilaku konsumen adalah tindakan
tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau organisasi yang
berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan,
menggunakan barang-barang atau jasa ekonomis yang dapat dipengaruhi
oleh lingkungan

No comments:

Post a Comment