Sunday, April 21, 2024

Indikator Harga

 


Peran harga dalam pemasaran sangat berpengaruh besar. Harga tidak
hanya berupa nilai moneter yang dibayarkan atau dikeluarkan konsumen, namun
juga pengorbanan non moneter yang dilakukan konsumen dalam rangka
mendapatkan hak atau penggunaan sebuah barang.
Kotler dalam Sangadji dan Sopiah (2013:16) menyatakan ada beberapa
langkah yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam penentuan harga produk.
Penentuan harga tersebut akan mempengaruhi konsumen dalam memilih dan
menggunakan suatu produk, yaitu : “(1) memilih tujuan dan penetapan harga
produk, (2) menentukan permintaan, (3) memperkirakan biaya (4) menganalisis
biaya, harga, dan penawaran pesaing, (5) memilih metode penetapan harga, (6)
memilih harga akhir”.
Menurut Kotler dan Amstrong terjemahaanSabran (2012:278),ada empat
indikator yang mencirikan harga yaitu :

  1. Keterjangkauan harga, aspek penetapan harga yang dilakukan oleh produsen
    sesuai dengan kemampuan beli konsumen.
  2. Kesesuaian harga dengan kualitas, aspek penetapan harga yang dilakukan oleh
    produsen sesuai dengan kualitas produk yang diterima konsumen.
  3. Daya saing harga, yaitu penawaran harga yang diberikan oleh produsen
    berbeda dan bersaing dengan yang diberikan oleh produsen lain dengan
    produk yang sejenis.
  4. Kesesuaian harga dengan manfaat, aspek penetapan harga yang dilakukan oleh
    produsen sesuai dengan manfaat yang diperoleh konsumen dari produk yang
    dibeli.

No comments:

Post a Comment