Sunday, April 21, 2024

Perspektif Riset Perilaku Konsumen

 


Disiplin perilaku konsumen adalah salah satu cabang dari ilmu
sosial, ia memanfaatkan metode riset yang berasal dari disiplin psikologi,
sosiologi, ekonomi, dan antropologi dalam meneliti perilaku manusia
sebagai konsumen. Riset perilaku konsumen terdiri atas tiga perspektif:
perspektif pengambilan keputusan, perspektif eksperiensial
(pengalaman), dan perspektif pengaruh perilaku. Ketiga perspektif ini
sangat mempengaruhi cara berpikir dan mengidentifikasi faktor-faktor
yang mempengaruhi perilaku konsumen. Adapun ketiga perspektif
tersebut, adalah:

  1. Perspektif Pengambilan Keputusan
    Konsumen melakukan serangkaian aktivitas dalam membuat
    keputusan pembelian. Perspektif ini mengasumsikan bahwa
    konsumen memiliki masalah dan melakukan proses pengambilan
    keputusan rasional untuk memecahkan masalah tersebut.
  2. Perspektif Eksperiensial (Pengalaman)
    Perspektif ini mengemukakan bahwa konsumen sering kali
    mengambil keputusan membeli suatu produk tidak selalu
    berdasarkan proses keputusan rasional untuk memecahkan masalah
    yang mereka hadapi. Konsumen sering kali membeli suatu produk
    karena alasan untuk kegembiraan, fantasi, ataupun emosi yang
    diinginkan.
  3. Perspektif Pengaruh Behavioral (Perilaku)
    Perspektif ini menyatakan bahwa seorang konsumen membeli suatu
    produk sering kali bukan karena alasan rasional atau emosional yang
    berasal dari dalam dirinya. Perilaku konsumen dalam perspektif ini
    menyatakan bahwa perilaku konsumen sangat dipengaruhi faktor
    luar, seperti program pemasaran yang dilakukan oleh produsen,
    faktor budaya, faktor lingkungan fisik, faktor ekonomi dan undangundang, serta pengaruh lingkungan yang kuat membuat konsumen
    melakukan pembelian.

No comments:

Post a Comment