Menurut Heizer dan Render (2012:223) menyatakan bahwa kualitas
adalah suatu hal yang sangat penting bagi operasional perusahaan. Selain
operasional perusaan kualitas juga memiliki implikasi yang lain yaitu:
- Reputasi Perusahaan
Untuk brand yang baru, ketika konsumen merasa puas dengan produk
yang baik maka reputasi perusahaan akan naik. Jika reputasi
perusahaan terbangun dengan baik, konsumen akan percaya dengan
produk baru yang dikerluarkan karena perusahaan tersebut sudah
memiliki kualitas yang baik. - Pertanggungjawaban Produk
Semakin banyak meningkatnya suatu produk, maka perusahaan akan
dituntut untuk mempertanggungjawabkan segala produk yang dijual
supaya dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan sekaligus
memberikan kepuasan kepada pelanggan. - Penurunan Biaya
Kualitas produk yang semakin baik, maka semakin efektif dan efisien
juga proses produk. Karena dengan memberikan proses produk yang
baik perusahaan akan semakin jarang menghasilkan produk yang gagal
atau cacat. Quality control yang ketat akan mengurangi biaya sehingga
perusahaan focus memproduksi produk sesuai dengan yang diharapkan
oleh pelanggan. - Peningkatan Pangsa Pasar
Penurunan biaya akan mempengaruhi harga jual produk juga semakin
murah, namu jika perusahaan tetep memiliki kualitas yang baik. Karena
kualitas produk yang baik dan harga murah maka semakin jauh produk
dalam menjangkau pasar. Hal ini akan memperluas pangsa pasar
perusahaan. - Dampak Internasional
Kualitas produk yang semakin bagus, maka pangsa pasar yang dimiliki
oleh perusahaan akan semakin besar, bahkan bisa memperoleh tahap
internasional. Sebab itu, perusahan tidak hanya memenuhi standar
kualitas local, akan tetapi standar kualitas internasional supaya produk
dapat bersaing secara internasional.
No comments:
Post a Comment