Sebuah perusahaan menggunakan merek untuk produknya karena mereka
mendapatkan manfaat dari pemakaian merek produk. Hurriyanti (2015:37)
berpendapat bahwa sebuah merek memiliki beberapa peran, antara lain :
- Merek memudahkan dalam proses pemesanan dan penelusuran suatu
produk - Merek membantu untuk mengatur persediaan dan pencat atan akutansi
- Merek menawarkan perlindungan hukum atas aspek atau keunikan
produk yang dimiliki - Merek menandakan suatu kualitas tertentu sehingga pembeli yang puas
akan melakukan pembelian ulang - Merek menjadi suatu sarana yang kuat untuk mengaman kan
keunggulan kompetitif
Bagi konsumen atau pembeli, merek produk pun berperan penting dalam
keputusan pembelian. Ratnasari (2013:83) Karena merek dapat memberikan
manfaat kepada konsumen/pembeli sebagai berikut:
1) Merek membantu menarik perhatian konsumen atas suatu produk yang
baru yang dapat memberikan keuntungan bagi mereka.
2) Merek dapat menunjukkan mutu atau kualitas produk kepada
konsumen/pembeli (merek sebagai indikator kualitas).
3) Merek dapat meningkatkan efisiensi proses pembelian konsumen. Hal ini
berkaitan erat dengan fungsi merek sebagai indikator kualitas. Otomatis
merek pun sebagai indikator karakteristik produk.
No comments:
Post a Comment