Sunday, April 21, 2024

Tahap-tahap pertumbuhan loyalitas konsumen

 


Griffin (2004) ada tujuh tahap pertumbuhan seseorang menjadi pelangan
yang loyal yaitu:
1) Seseorang yang mempunyai kemungkinan pembeli (suspect)
Setiap orang mempunyai kemungkinan untuk membeli produk atau
jasa yang dihasilkan.
2) Seseorang mempunyai potensi menjadi konsumen (Prospect)
Seseorang yang telah mempunyai kebutuhan akan barang dan
mempunyai kebutuhan untuk membeli dari perusahaan dan telah ada
seseorang yang merekomendasikan tentang perusahaan, membaca
tentang perusahaan, Prospect mungkin tahu siapa perusahaan, dan
apa yang perusahaan jual tapi masih belum membeli dari
perusahaan.
3) Seseorang yang mempunyai potensi yang tidak jadi menjadi
konsumen (disqualifid).
Prospect yang telah cukup perusahaan pelajari dan mereka tidak
membutuhkan atau tidak mempunyai kemampuan untuk membeli
produk perusahaan.
4) Konsumen baru (First time customer)
Mereka yang baru pertama kali membeli dari perusahaan. Mereka
mungkin konsumen perusahaan tapi masih menjadi konsumen
pesaing perusahaan.
5) Konsumen yang melakukan pembelian berulang (repeat customer)
Mereka yang pertama kali membeli dari perusahaan dua kali atau
lebih, mereka mungkin telah membeli produk yang sama atau
membeli dua produk yang berbeda dalam dua kali atau lebih
kesempatan.
6) Mitra (client)
Seorang klien membeli semua yang perusahaan jual mungkin dapat
ia gunakan. Perusahaan harus terus berusaha menciptakan hubungan
yang akan membuat dia tidak tertarik pada pesaing.
7) Konsumen yang menguatkan (Advocate)
Seperti mitra, seorang advocate membeli semua yang perusahaan
jual yaang mungkin dapat dia gunakan dan membeli secara reguler.
Tambahannya seorang advocate akan berusaha menjadi orang lain
untuk membeli dari perusahaan. Seorang advocate berbicara dengan
perusahaan, melakukan pemasaran untuk perusahaan dan membawa
konsumen kepada perusahaan.

No comments:

Post a Comment