Sunday, April 21, 2024

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen

 


Perilaku konsumen adalah proses pengambilan keputusan dan kegiatan
fisik individu-individu yang semuanya ini melibatkan individu dalam menilai,
mendapatkan, menggunakan, atau mengabaikan barang-barang dan jasa-jasa.
Memahami konsumen dan proses konsumsinya memberikan berbagai keuntungan
antara lain membantu manager dalam membuat keputusan, memberikan dasar
teoritis bagi penulis dalam menganalisa konsumen, membantu legislatif dan
pemerintah dalam menyusun undang-undang dan membuat keputusan, dan
membantu konsumen untuk membuat keputusan yang lebih baik.
Pride dan Ferrell dalam Sangadji dan Sopiah (2013:335), membagi faktor
yang mempengaruhi perilaku konsumen ke dalam tiga kelompok, yaitu :

  1. Faktor pribadi, merupakan faktor yang unik bagi seseorang. Faktor
    pribadi dikelompokkan menjadi tiga, yaitu :
    a. Faktor demografi, berkaitan dengan siapa yang terlibat dalam
    pengambilan keputusan pembelian. Faktor ini meliputi ciri-ciri
    individual seperti jenis kelamin, usia, ras, suku bangsa,
    pendapatan, siklus, kehidupan keluarga, dan pekerjaan.
    b. Faktor situasional, merupakan keadaan atau kondisi eksternal yang
    ada ketika konsumen membuat keputusan pembelian.
    c. Faktor tingkat keterlibatan, ditunjukkan dengan sejauh mana
    konsumen mempertimbangkan terlebih dahulu keputusannya
    sebelum membeli satu produk.
  2. Faktor psikologis meliputi:
    a. Motif kekuatan energi internal yang mengarahkan kegiatan
    seseorang kearah pemenuhan kebutuhan atau pencapaian
    seseorang.
    b. Persepsi adalah proses pemilihan, pengorgansasian, dann
    penginterprestasian masukan informasi untuk menghasilkan
    makna.
    c. Kemampuan dan pengetahuan adalah kesanggupan dan efisiensi
    untuk melakukan tugas-tugas tertentu.
    d. Sikap merujuk pada pengetahuan dan perasaan positif atau negatif
    terhadap sebuah objek atau kegiatan tertentu.
    e. Kepribadian adalah semua ciri internal dan perilaku yang membuat
    seseorang itu unik.
  3. Faktor sosial meliputi :
    a. Peran dan pengaruh keluarga, bahwa setiap anggota keluarga
    mempunyi kebutuhan, keinginan, dan selera yang berbeda-beda.
    b. Kelompok referensi berfungsi sebagai perbandingan dan sumber
    informasi bagi seseorang sehingga perilaku para anggota
    kelompok.
    c. Kelas sosial adalah sebuah kelompok yang terbuka untuk para
    individu yang memiliki tingkat sosial yang serupa.
    d. Budaya dan subbudaya mempengaruhi bagaimana seseorang
    membeli dan menggunakan produk, serta kepuasan konsumen
    terhadap produk tersebut sebab budaya juga menentukan produkproduk baru yang dibeli dan digunakan.

No comments:

Post a Comment