Perilaku konsumen adalah proses pengambilan keputusan dan kegiatan
fisik individu-individu yang semuanya ini melibatkan individu dalam menilai,
mendapatkan, menggunakan, atau mengabaikan barang-barang dan jasa-jasa.
Memahami konsumen dan proses konsumsinya memberikan berbagai keuntungan
antara lain membantu manager dalam membuat keputusan, memberikan dasar
teoritis bagi penulis dalam menganalisa konsumen, membantu legislatif dan
pemerintah dalam menyusun undang-undang dan membuat keputusan, dan
membantu konsumen untuk membuat keputusan yang lebih baik.
Pride dan Ferrell dalam Sangadji dan Sopiah (2013:335), membagi faktor
yang mempengaruhi perilaku konsumen ke dalam tiga kelompok, yaitu :
- Faktor pribadi, merupakan faktor yang unik bagi seseorang. Faktor
pribadi dikelompokkan menjadi tiga, yaitu :
a. Faktor demografi, berkaitan dengan siapa yang terlibat dalam
pengambilan keputusan pembelian. Faktor ini meliputi ciri-ciri
individual seperti jenis kelamin, usia, ras, suku bangsa,
pendapatan, siklus, kehidupan keluarga, dan pekerjaan.
b. Faktor situasional, merupakan keadaan atau kondisi eksternal yang
ada ketika konsumen membuat keputusan pembelian.
c. Faktor tingkat keterlibatan, ditunjukkan dengan sejauh mana
konsumen mempertimbangkan terlebih dahulu keputusannya
sebelum membeli satu produk. - Faktor psikologis meliputi:
a. Motif kekuatan energi internal yang mengarahkan kegiatan
seseorang kearah pemenuhan kebutuhan atau pencapaian
seseorang.
b. Persepsi adalah proses pemilihan, pengorgansasian, dann
penginterprestasian masukan informasi untuk menghasilkan
makna.
c. Kemampuan dan pengetahuan adalah kesanggupan dan efisiensi
untuk melakukan tugas-tugas tertentu.
d. Sikap merujuk pada pengetahuan dan perasaan positif atau negatif
terhadap sebuah objek atau kegiatan tertentu.
e. Kepribadian adalah semua ciri internal dan perilaku yang membuat
seseorang itu unik. - Faktor sosial meliputi :
a. Peran dan pengaruh keluarga, bahwa setiap anggota keluarga
mempunyi kebutuhan, keinginan, dan selera yang berbeda-beda.
b. Kelompok referensi berfungsi sebagai perbandingan dan sumber
informasi bagi seseorang sehingga perilaku para anggota
kelompok.
c. Kelas sosial adalah sebuah kelompok yang terbuka untuk para
individu yang memiliki tingkat sosial yang serupa.
d. Budaya dan subbudaya mempengaruhi bagaimana seseorang
membeli dan menggunakan produk, serta kepuasan konsumen
terhadap produk tersebut sebab budaya juga menentukan produkproduk baru yang dibeli dan digunakan.
No comments:
Post a Comment