Menurut Parasuraman dalam Jasfar (2012:51), terdapat lima dimensi
Kualitas pelayanan atau jasa sebagai berikut:
- Tangibles (Bukti Langsung)
Tangiles merupakan bukti nyata kemampuan sebuah perusahaan
dalam memberikan penyedia jasa yang terbaik bagi konsumen. Baik
dilihat dari kualitas fisik, fasilitas pada perlengkapan teknologi yang
mendukung hingga penampilan dari karyawan. - Reliability (Kehandalan)
Realiability merupakan kemampuan perusahaan dalam mewujudkan
yang diharapkan sesuai dengan keinginan dari konsumen
tersebut.terkait dengan kecepatan, ketepatan waktu, tidak ada kesalahan
dan lain sebagainya. Karena jika perusahaan tidak dapat memberikan
sesuai keinginan maka kepuasan konsumen akan menurun. - Responsiveness (Daya Tanggap)
Responsivenees adalah suatu kemampuan harus dimiliki
perusahaan yang dilakukan langsung oleh karyawan untuk
menyediakan pelayanan yang sesuai dengan keinginan konsumen dan
melakukan pelayanan dengan cepat dan tanggap. - Assurance (Jaminan)
Assurance adalah kepastian yang harus diperoleh dari sikap sopan
santun karyawan untuk membangun kepercayaan konsumen dengan
memberikan jaminan atau kepastian kepada konsumen supaya mereka
tidak merasa khawatir dengan jasa yang ditawarkan. - Emphaty (Kepedulian)
Emphaty adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan
perhatian kepada konsumen baik secara individu, termasuk kepekaan
akan kebutuhan konsumen.
No comments:
Post a Comment