Sunday, April 21, 2024

Ciri-ciri Produk Berkualitas

 


Menurut I Gede Auditta dimensi kualitas untuk industri manufaktur meliputi:

  1. Performance: kesesuaian produk dengan fungsi utama produk itu sendiri.
  2. Feature: ciri khas produk yang membedakan dari produk lain.
  3. Reliability: kepercayaan pelanggan terhadap produk karena kehandalannya
    atau karena kemungkinan kerusakan yang rendah.
  4. Conformance: kesesuaian produk dengan syarat, ukuran, karakteristik desain,
    dan operasi yang ditetapkan.
  5. Durability: tingkat ketahanan/awet produk atau lama umur produk.
  6. Serviceability, yaitu kemudahan perbaikan atau ketersediaan komponen
    produk.
  7. Aesthetic: keindahan atau daya tarik produk.
  8. Perception: fanatisme konsumen akan merek suatu produk tertentu karena
    citra atau reputasinya. Kualitas pada industri manufaktur selain menekankan
    pada produk yang dihasilkan, juga perlu diperhatikan kualitas pada proses
    produksi.
    Dimensi kualitas pada industri jasa, antara lain:
  9. Communication: hubungan antara penerima jasa dengan pemberi jasa.
  10. Credibility: kepercayaan pihak penerima jasa terhadap pemberi jasa.
  11. Security: keamanan terhadap jasa yang ditawarkan.
  12. Knowing the customer: pemahaman pemberi jasa terhadap kebutuhan dan
    harapan pemakai jasa.
  13. Tangibles: dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan harus dapat
    diukur atau dibuat standarnya.
  14. Reliability: konsistensi kerja pemberi jasa dan kemampuan pemberi jasa
    dalam memenuhi janji para penerima jasa.
  15. Responsiveness: tanggapan pemberi jasa terhadap kebutuhan dan harapan
    penerima jasa.
  16. Competence: kemampuan atau keterampilan pemberi jasa untuk memberikan
    jasanya kepada penerima jasa.
  17. Access: kemudahan pemberi jasa untuk dihubungi oleh penerima jasa.
  18. Courtesy: kesopanan, respek, perhatian, dan kesamaan dalam hubungan
    personil. Meningkatkan kualitas jasa yang ditawarkan tidak semudah usaha
    meningkatkan kualitas produk, karena karakteristiknya yang unik.
    Peningkatan kualitas jasa juga akan berdampak pada organisasi secara
    menyeluruh.

No comments:

Post a Comment