Sunday, April 21, 2024

Dimensi Kualitas Produk

 


Kualitas suatu produk baik berupa barang maupun jasa perlu ditentukan
dimensi-dimensinya. Apabila perusahaan ingin mempertahankan keunggulan
kompetitifnya dalam pasar, perusahaan harus mengerti aspek dimensi apa saja
yang digunakan oleh konsumen untuk membedakan produk yang dijual
perusahaan tersebut dengan produk pesaing. Menurut Riyono (2016:99) dimensi
kualitas produk yaitu:

  1. Performance (kinerja), berhubungan dengan karakteristik operasi dasar
    dari sebuah produk.
  2. Durability (daya tahan), yang berarti berapa lama atau umur produk yang
    bersangkutan bertahan sebelum produk tersebut harus diganti. Semakin
    besar frekuensi pemakaian konsumen terhadap produk maka semakin
    besar pula daya tahan produk.
  3. Conformance to Specifications (kesesuaian dengan spesifikasi), yaitu
    sejauh mana karakteristik operasi dasar dari sebuah produk memenuhi
    spesifikasi tertentu dari konsumen atau tidak ditemukannya cacat pada
    produk.
  4. Features (fitur), adalah karakteristik produk yang dirancang untuk
    menyempurnakan fungsi produk atau menambah ketertarikan konsumen
    terhadap produk.
  5. Reliabilty (reliabilitas), adalah probabilitas bahwa produk akan bekerja
    dengan memuaskan atau tidak dalam periode waktu tertentu. Semakin
    kecil kemungkinan terjadinya kerusakan maka produk tersebut dapat
    diandalkan.
  6. Aesthetics (estetika), berhubungan dengan bagaimana penampilan produk
    bisa dilihat dari tampak, rasa, bau, dan bentuk dari produk.
  7. Perceived Quality (kesan kualitas), sering dibilang merupakan hasil dari
    penggunaan pengukuran yang dilakukan secara tidak langsung karena
    terdapat kemungkinan bahwa konsumen tidak mengerti atau kekurangan
    informasi atas produk yang bersangkutan.

No comments:

Post a Comment