Sunday, April 21, 2024

Faktor pembentuk loyalitas konsumen

 


Griffin (2004) “langkah pertama dalam membangun sistem loyalitas
konsumen adalah berusaha mengenal terminologi dan variabel yang menentukan
serta mendorong loyalitas”. Faktor-faktor yang membentuk loyalitas konsumen
yaitu:
1) Basis client merupakan seluruh jumlah konsumen dan client yang
aktif, hal ini dapat dihitung denga menjumlahkan konsumen pertama
kali, konsumen berulang, dan client.
2) Tingkat retensi konsumen baru adalah persentase konsumen pertama
kali yang melakukan pembelian kedua dalam periode waktu tertentu,
periode waktu diatur oleh siklus pembelian berulang konsumen
biasa.
3) Tingkat retensi client adalah presentase pelangan yang telah
memenuhi sejumlah khusus pembelian berulang selama periode
waktu tertentu.
4) Pangsa konsumen (share of customer) merupakan persentase jumlah
pembelian konsumen atas kategori produk atau jasa tertentu yang
dibelanjakan ke perusahaan.
5) Jumlah rata-rata konsumen baru per bulan adalah rata-rata jumlah
konsumen pertama kali yang membeli dari perusahaan tiap bulannya.
6) Frekuensi pembelian adalah rata-rata seorang konsumen (client)
membeli setiap tahunnya.
7) Jumlah pemberian rata-rata adalah jumlah rata-rata yang dibayar atas
produk dan jasa setiap pembelian.
8) Tingkat peralihan merupakan persentase tahunan rata-rata konsumen
yang hilang atau menjadi tidak aktif karena suatu alasan termasuk
ketidakpuasan dan pindah lokasi.

No comments:

Post a Comment