Menurut Sangadji (2013:15) terdapat lima tingkatan produk antara lain:
- Manfaat inti, adalah sebuah produk yang memiliki manfaat dasar dapat
dikonsumsi oleh pelanggan. Seperti perusahaan perhotelan dengan
menawarkan produk yang memiliki manfaat utamanya yaitu untuk
istirahan dan tidur. - Produk dasar, adalah suatu produk dalam bentuk dasar yang dapat
dikonsumsi pelanggan. Seperti kain. - Produk yang diharapkan merupakan serangkaian atribut produk serta
suatu kondisi-kondisi yang biasa diinginkan dan diterima pelanggan
saat mereka membeli suatu barang. Seperti baju, celana, sepatu, sandal,
tas dan lain sebagainya. - Produk yang ditingkatkan merupakan produk yang sudah dalam
perubahan sedemikian rupa sehinggan barang yang ditawarkan berbeda
dengan barang pesaing. Seperti sepatu merek Adidas, baju merek
Gucci, celanan merek Levi’s, dan lain sebagainya. - Produk potensial, adalah sebuah produk yang dialami perubahan
bentuk di masa sekarang. Seperti, mobil klasik, emas, saham dan lain
sebagainya.
Menurut Kotler dalam Arumsari (2012:44), kebanyakan produk disediakan
terdiri dari empat tingkatan kualitas sebagai berikut: - Kualitas rendah
- Kualitas rata-rata sedang
- Kualitas baik
- Dan kualitas sangat baik
No comments:
Post a Comment