Menurut Hasan (2013:215), manfaat brand image terbagi dua, yaitu:
- Manfaat bagi pelanggan
Ada tiga alasan sekaligus manfaat penting bagi pelanggan dari sebuah
merek yang memiliki citra positif:
a. Sebuah merek yang kuat akan memudahkan konsumen untuk
mengevaluasi, menimbang dan membuat keputusan membeli dari
semua rincian nilai-nilai yang terkait dengan kinerja produk, harga,
pengiriman, garansi dan lain-lain.
b. Sebuah merek yang kuat membuat pelanggan merasa percaya diri
dalam pilihan mereka, menyederhanakan pilihan sehari-hari (untuk
kebutuhan dasar).
c. Sebuah merek yang kuat membuat pelanggan merasa lebih puas
dengan pembelian mereka, memberikan manfaat dan ikatan
emosional (untuk produk perawatan pribadi). - Manfaat bagi produsen atau perusahaan
a. Harga premium, sebuah merek dengan citra positif akan
menciptakan margin yang lebih besar dan walaupun ada tekanan
untuk menjual dengan harga rendah atau menawarkan diskon, akan
tetapi relatif tidak atau kurang rentan terhadap kekuatan kompetitif.
b. Klaim produk, sebuah merek dengan citra yang kuat akan
menciptakan orang-orang melakukan permintaan secara khusus,
orang akan mencari merek yang mereka inginkan.
c. Kompetitif partier, sebuah merek yang kuat mampu bertindak
sebagai penghalang untuk beralih ke produk lain.
d. Komunikasi pemasaran lebih diterima, perasaan positif tentang suatu
merek akan mengakibatkan orang mampu menerima klaim baru
terhadap kinerja produk dan mereka akan welcome, sehingga lebih
mudah dibujuk untuk membeli lebih banyak.
e. Pengembangan merek, sebuah merek yang terkenal menjadi platform
untuk pengembangan/menambah produk baru kerena beberapa aspek
dari citra positif yang berpengaruh dan membantu dalam peluncuran
produk baru.
f. Kepuasan pelanggan, sebuah citra positif akan memberikan tingkat
kepuasan pelanggan ketika mereka menggunakan produk. Mereka
akan merasa lebih yakin membelinya. Pelanggan tidak menemukan
alasan untuk membeli merek lain atau dari pemasok lain.
g. Jaringan distribusi, sebuah merek yang kuat lebih mudah dijual ke
pedagang grosir dan distributor yang sangat responsif terhadap apa
yang diinginkan oleh pelanggan mereka.
h. Perizinan dan peluang, sebuah merek yang kuat dapat mendukung
transaksi usaha patungan atau mengizinkan merek dilisensikan untuk
digunakan dalam aplikasi baru atau di negara lain (terbuka bagi
semua orang atau negara manapun).
i. Nilai harga jual yang lebih tinggi, sebuah perusahaan dengan nama
merek-goodwill yang baik akan mendapatkan premi yang lebih
tinggi jika akan dijual.
No comments:
Post a Comment