Sunday, April 21, 2024

Manfaat Brand Image

 


Menurut Hasan (2013:215), manfaat brand image terbagi dua, yaitu:

  1. Manfaat bagi pelanggan
    Ada tiga alasan sekaligus manfaat penting bagi pelanggan dari sebuah
    merek yang memiliki citra positif:
    a. Sebuah merek yang kuat akan memudahkan konsumen untuk
    mengevaluasi, menimbang dan membuat keputusan membeli dari
    semua rincian nilai-nilai yang terkait dengan kinerja produk, harga,
    pengiriman, garansi dan lain-lain.
    b. Sebuah merek yang kuat membuat pelanggan merasa percaya diri
    dalam pilihan mereka, menyederhanakan pilihan sehari-hari (untuk
    kebutuhan dasar).
    c. Sebuah merek yang kuat membuat pelanggan merasa lebih puas
    dengan pembelian mereka, memberikan manfaat dan ikatan
    emosional (untuk produk perawatan pribadi).
  2. Manfaat bagi produsen atau perusahaan
    a. Harga premium, sebuah merek dengan citra positif akan
    menciptakan margin yang lebih besar dan walaupun ada tekanan
    untuk menjual dengan harga rendah atau menawarkan diskon, akan
    tetapi relatif tidak atau kurang rentan terhadap kekuatan kompetitif.
    b. Klaim produk, sebuah merek dengan citra yang kuat akan
    menciptakan orang-orang melakukan permintaan secara khusus,
    orang akan mencari merek yang mereka inginkan.
    c. Kompetitif partier, sebuah merek yang kuat mampu bertindak
    sebagai penghalang untuk beralih ke produk lain.
    d. Komunikasi pemasaran lebih diterima, perasaan positif tentang suatu
    merek akan mengakibatkan orang mampu menerima klaim baru
    terhadap kinerja produk dan mereka akan welcome, sehingga lebih
    mudah dibujuk untuk membeli lebih banyak.
    e. Pengembangan merek, sebuah merek yang terkenal menjadi platform
    untuk pengembangan/menambah produk baru kerena beberapa aspek
    dari citra positif yang berpengaruh dan membantu dalam peluncuran
    produk baru.
    f. Kepuasan pelanggan, sebuah citra positif akan memberikan tingkat
    kepuasan pelanggan ketika mereka menggunakan produk. Mereka
    akan merasa lebih yakin membelinya. Pelanggan tidak menemukan
    alasan untuk membeli merek lain atau dari pemasok lain.
    g. Jaringan distribusi, sebuah merek yang kuat lebih mudah dijual ke
    pedagang grosir dan distributor yang sangat responsif terhadap apa
    yang diinginkan oleh pelanggan mereka.
    h. Perizinan dan peluang, sebuah merek yang kuat dapat mendukung
    transaksi usaha patungan atau mengizinkan merek dilisensikan untuk
    digunakan dalam aplikasi baru atau di negara lain (terbuka bagi
    semua orang atau negara manapun).
    i. Nilai harga jual yang lebih tinggi, sebuah perusahaan dengan nama
    merek-goodwill yang baik akan mendapatkan premi yang lebih
    tinggi jika akan dijual.

No comments:

Post a Comment