Sunday, April 21, 2024

Pengertian Kualitas Produk

 


Produk merupakan kombinasi penawaran barang dan jasa
perusahaan kepada pasar yang mencakup antara lain: kualitas, rancangan,
bentuk, merek, dan kemasan produk (Kotler, 2005).
Produk merupakan segala sesuatu yang ditawarkan produsen untuk
diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar
sebagai pemenuhan kebutuhan dan keinginan pasar yang bersangkutan.
Produk yang ditawarkan tersebut meliputi barang fisik (sepeda motor,
televisi, pakaian), jasa (restoran, penginapan, transportasi) sehingga
produk dapat berupa manfaat tangible dan intangible yang dapat
memuaskan pelanggan (Tjiptono, 2014).
Menurut Assauri (2002), faktor-faktor yang terkandung dalam suatu
produk adalah mutu, kualitas, penampilan (features), pilihan yang ada
(options), gaya (style), merek (brand names), pengemasan (packaging),
ukuran (size), jenis (product line), macam (product items), jaminan
(guarantee), dan pelayanan (service).

No comments:

Post a Comment