Pengukuran kepuasan konsumen sangat penting untuk dilakukan, karena
memberikan informasi yang bermanfaat bagi organisasi. Cara untuk mencapai
kepuasan pelanggan dapat dilakukan juga melalui strategi misalkan survei,
kuesioner, angket dan tentunya pengumpulan data. Menurut Sahir, dkk (2020:27)
indikator kepuasan pelanggan yaitu:
- Pengalaman
Riview dari konsumen dapat mengubah presepsi serta minat pembelian
produk. Di mana sebelum menjadi keputusan untuk beli, pelanggan pada
umumnya dapat membuat berbagai perbandingan bagaimana
pengalamannya yang dirasakan, kemudian akan diceritakan kepada orang.
Pelanggan akan merasa puas, jika pengalaman baiknya dapat di terima
konsumen lain merasakannya. Pelanggan merasa terpuaskan pastinya
memberi nilai bagus pada perusahaan, ini akan penting pada brand identy
sangat kuat bagi bisnis untuk keberlanjutannya - Harga
“
Harga inilah indikator untuk pelanggan paling tampak dan jelas sangat
penting harus diperhatikan. Pelanggan tidak akan perbah beralih pada toko
yang lain saat mendapatkan harga ekonomis. Tentunya secara finansial
pelanggan akan terpuaskan, dapat berhemat walaupun hanya dengan
berbeda beberapa rupiah saja, demi mendapatkan harga murah, karena
merasa telah berhemat - Pelayanan
Kritikan yang telah diterima perusahaan sadar atau tidak ini ada kaitannya
dengan sebuah pelayanan. Banyaknya pelanggan yang sering mengeluh,
namun tidak disertai dengan keterangan yang jelas namun kualitas
pelayanan benar-benar harus optimal dalam memberikan presepsi tentang
pelayanan bisnis - Kualitas
Produk yang memiliki kualitas sejauh dapat tumbuh berkembang di
perusahaan. Sedangkan kualitas membawakan loyalitas. Maka seharusnya
menjadi perhatian penting dalam setiap perusahaan bisnis. Kepuasan
terpancar dalam konsumen/pelanggan, jika dapat produk berkualitas
No comments:
Post a Comment