Sunday, April 21, 2024

Indikator Kepuasan Pelanggan

 


Pengukuran kepuasan konsumen sangat penting untuk dilakukan, karena
memberikan informasi yang bermanfaat bagi organisasi. Cara untuk mencapai
kepuasan pelanggan dapat dilakukan juga melalui strategi misalkan survei,
kuesioner, angket dan tentunya pengumpulan data. Menurut Sahir, dkk (2020:27)
indikator kepuasan pelanggan yaitu:

  1. Pengalaman
    Riview dari konsumen dapat mengubah presepsi serta minat pembelian
    produk. Di mana sebelum menjadi keputusan untuk beli, pelanggan pada
    umumnya dapat membuat berbagai perbandingan bagaimana
    pengalamannya yang dirasakan, kemudian akan diceritakan kepada orang.
    Pelanggan akan merasa puas, jika pengalaman baiknya dapat di terima
    konsumen lain merasakannya. Pelanggan merasa terpuaskan pastinya
    memberi nilai bagus pada perusahaan, ini akan penting pada brand identy
    sangat kuat bagi bisnis untuk keberlanjutannya
  2. Harga

    Harga inilah indikator untuk pelanggan paling tampak dan jelas sangat
    penting harus diperhatikan. Pelanggan tidak akan perbah beralih pada toko
    yang lain saat mendapatkan harga ekonomis. Tentunya secara finansial
    pelanggan akan terpuaskan, dapat berhemat walaupun hanya dengan
    berbeda beberapa rupiah saja, demi mendapatkan harga murah, karena
    merasa telah berhemat
  3. Pelayanan
    Kritikan yang telah diterima perusahaan sadar atau tidak ini ada kaitannya
    dengan sebuah pelayanan. Banyaknya pelanggan yang sering mengeluh,
    namun tidak disertai dengan keterangan yang jelas namun kualitas
    pelayanan benar-benar harus optimal dalam memberikan presepsi tentang
    pelayanan bisnis
  4. Kualitas
    Produk yang memiliki kualitas sejauh dapat tumbuh berkembang di
    perusahaan. Sedangkan kualitas membawakan loyalitas. Maka seharusnya
    menjadi perhatian penting dalam setiap perusahaan bisnis. Kepuasan
    terpancar dalam konsumen/pelanggan, jika dapat produk berkualitas

No comments:

Post a Comment