Apabila perusahaan ingin mempertahankan keunggulan kompetitifnya
dalam pasar, perusahaan harus mengerti aspek dimensi apa saja yang digunakan
oleh konsumen untuk membedakan produk yang dijual perusahaan tersebut
dengan produk pesaing. Kualitas mencerminkan semua dimensi penawaran
produk yang menghasilkan manfaat (benefits) bagi pelanggan. Menurut Sopiah
dan Sangadji, (2016:80) kualitas produk terdiri dari beberapa indikator, yaitu:
- Performance (kinerja), merupakan elemen kualitas produk yang berkaitan
langsung dengan bagaimana suatu produk dapat menjalankan fungsinya
untuk memenuhi kebutuhan konsumen. - Reliabilitas (keandalan), merupakan daya tahan produk selama
dikonsumsi. - Feature (fitur), merupakan fungsi-fungsi sekunder yang ditambahkan pada
suatu produk. - Durability (daya tahan), menunjukkan suatu pengukuran terhadap siklus
produk, baik secara teknis maupun waktu. - Konsisten, menunjukkan seberapa jauh suatu produk dapat memenuhi
standar atau spesifikasi tertentu. - Desain, merupakan aspek emosional dalam memengaruhi kepuasan
konsumen sehingga desain kemasan ataupun bentuk produk akan turut
mempengaruhi persepsi kualitas produk tersebut.
No comments:
Post a Comment