Sunday, April 21, 2024

Proses Keputusan Pembelian

 


Menurut Kotler dan Armstrong dalam Sangadji dan Sopiah (2013:36),
proses yang digunakan konsumen untuk mengambil keputusan pembelian
adalah sebagai berikut:

  1. Pengenalan Masalah (Problem Recognition)
    Pengenalan masalah merupakan tahap pertama dari proses pengambilan
    keputusan pembeli dimana konsumen mengenali suatu masalah atau
    kebutuhan. Pembeli merasakan perbedaan antara keadaan nyata dengan
    keadaan yang diinginkan.
  2. Pencarian informasi (Information Search)
    Pencarian informasi merupakan tahap dalam proses pengambilan
    keputusan pembelian di mana konsumen telah tertarik untuk mencari
    lebih banyak informasi. Dalam hal ini, konsumen mungkin hanya
    meningkatkan perhatian atau aktif mencari informasi. Konsumen dapat
    memperoleh informasi dari sumber mana pun, misalnya:
    a. Sumber pribadi: keluarga, teman, tetangga, kenalan.
    b. Sumber komersial: iklan, wiraniaga, dealer, kemasan, pajangan.
    c. Sumber publik: media massa, organisasi penilai pelanggan.
    d. Sumber pengalaman: menangani, memeriksa dan menggunakan
    produk.
  3. Evaluasi Berbagai Alternatif (Alternative Evaluation)
    Evaluasi berbagai alternatif yaitu suatu tahap dalam proses pengambilan
    keputusan pembelian dimana konsumen menggunakan informasi untuk
    mengevaluasi merek-merek alternatif dalam satu susunan pilihan.
  4. Keputusan Pembelian (Purchase Desicion)
    Keputusan pembelian merupakan tahap dalam proses pengambilan
    keputusan pembelian sampai konsumen benar-benar membeli produk.
    Biasanya keputusan pembelian konsumen (purchase decision) adalah
    pembelian merek yang paling disukai.
  5. Perilaku Pasca Pembelian (Post-Purchase Behaviour)
    Perilaku pasca pembelian merupakan tahap dalam proses pengambilan
    keputusan pembelian dimana konsumen mengambil tindakan lebih lanjut
    setelah membeli berdasarkan kepuasan atau ketidakpuasan yang mereka
    rasakan. Hubungan antara harapan konsumen dengan kinerja yang
    dirasakan dari produk merupakan faktor yang menentukan apakah
    pembeli puas atau tidak. Jika harapan terpenuhi konsumen akan puas,
    jika harapan terlampaui konsumen akan sangat puas.

No comments:

Post a Comment