Menurut Kotler dan Armstrong dalam Sangadji dan Sopiah (2013:36),
proses yang digunakan konsumen untuk mengambil keputusan pembelian
adalah sebagai berikut:
- Pengenalan Masalah (Problem Recognition)
Pengenalan masalah merupakan tahap pertama dari proses pengambilan
keputusan pembeli dimana konsumen mengenali suatu masalah atau
kebutuhan. Pembeli merasakan perbedaan antara keadaan nyata dengan
keadaan yang diinginkan. - Pencarian informasi (Information Search)
Pencarian informasi merupakan tahap dalam proses pengambilan
keputusan pembelian di mana konsumen telah tertarik untuk mencari
lebih banyak informasi. Dalam hal ini, konsumen mungkin hanya
meningkatkan perhatian atau aktif mencari informasi. Konsumen dapat
memperoleh informasi dari sumber mana pun, misalnya:
a. Sumber pribadi: keluarga, teman, tetangga, kenalan.
b. Sumber komersial: iklan, wiraniaga, dealer, kemasan, pajangan.
c. Sumber publik: media massa, organisasi penilai pelanggan.
d. Sumber pengalaman: menangani, memeriksa dan menggunakan
produk. - Evaluasi Berbagai Alternatif (Alternative Evaluation)
Evaluasi berbagai alternatif yaitu suatu tahap dalam proses pengambilan
keputusan pembelian dimana konsumen menggunakan informasi untuk
mengevaluasi merek-merek alternatif dalam satu susunan pilihan. - Keputusan Pembelian (Purchase Desicion)
Keputusan pembelian merupakan tahap dalam proses pengambilan
keputusan pembelian sampai konsumen benar-benar membeli produk.
Biasanya keputusan pembelian konsumen (purchase decision) adalah
pembelian merek yang paling disukai. - Perilaku Pasca Pembelian (Post-Purchase Behaviour)
Perilaku pasca pembelian merupakan tahap dalam proses pengambilan
keputusan pembelian dimana konsumen mengambil tindakan lebih lanjut
setelah membeli berdasarkan kepuasan atau ketidakpuasan yang mereka
rasakan. Hubungan antara harapan konsumen dengan kinerja yang
dirasakan dari produk merupakan faktor yang menentukan apakah
pembeli puas atau tidak. Jika harapan terpenuhi konsumen akan puas,
jika harapan terlampaui konsumen akan sangat puas.
No comments:
Post a Comment