Menurut Oentoro (2012:134) mengungkapkan bahwa barang yang
diterima di pasar dapat memberikan nilai tambah pada setiap perusahaan
atau dapat memimpin pasar dengan segmen tertentu. Berikut dalam
pengembangan produk untuk tercapainya hal tersebut terdiri dari beberapa
tahap sebagai berikut:
- Pencarian Ide Produk
Mecari ide produk sesuai dengan tujuan perusahaan - Menyaring Ide Produk
Ketika memperoleh banyak ide produk, maka sebaiknya dipikirkan
lebih matang lagi produk mana yang terbaik untuk direkomendasikan
serta sesuai dengan tujuan dan kondisi perusahaan. - Analisis Bisnis
Perusahaan harus melakukan perkiraan pada produk tersebut seperti
berapa besar perkiraan biaya produksi serta investasinya, seberapa
besar peluang pasarnya. Seberapa perkiraan laba yang akan didapatkan,
seberapa besar tingkat kepuasaan pelanggan dan lain sebagainya. - Pengembangan produk
Apabila ide yang dipilih sudah layak maju ke tahan selanjutnya, maka
dilakukan percobaan untuk dilakukan uji kelayakan bisnis, produk diuji
coca secara internal melalui perusahaan sendirimaupun perusahaan lain
yang berkompeten dibidang tersebut. - Uji Coba Pemasaran
Ketika sudah menguji beberapa sampel segmentasi pasar yang
memungkinkan akan dituju oleh perusahaan - Komersialisasi Produk
Tahap akhir yaitu memasarkan dengan menawarkan produk tersebut ke
pelanggan yang telah dipilih perusahaan . produk baru harus selalu
dilakukan pengecekan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan produk
berikutnya supaya mampu menghasilkan laba yang maksimal.
No comments:
Post a Comment