Menurut Tjiptono (2019:77) dalam mengevaluasi layanan yang
bersifat tangible, variable, inseparable,dan perishable, pelanggan umumnya
menggunakan beberapa atribut atau faktor:
- Bukti fisik (tangible), meliputi bukti fisik, perlengkapan, pegawai
dan saranan komunikasi. - Keandalan (reliability), merupakan kemampuan setiap pelaku usaha
dan pegawai memberikan pelyanan yang dijanjikan dengan segera,
akurat dan memuaskan. - Daya Tanggap (responsiveness), yaitu keinginan setiap pelaku usaha
dan karyawan memberikan pelayanan dengan tanggap untuk
membantu setiap konsumen. - Jaminan (assurance) mencakup pengetahuan, kemampuan,
kesopanan, dan sifat yang dapat dipercaya yang dimiliki oleh para
pelaku usaha dari keraguan . - Empati (empathy), yaitu kemudahan dalam melakukan hubungan
kepada konsumen dengan komunikasi yang baik, perhatian pribadi
dan memahami kebutuhan.
No comments:
Post a Comment