Sunday, June 23, 2024

Definisi Citra Merek (Brand Image)

 


Citra merek (brand image) merupakan representasi dari keselurahan
presepsi terhadap merek dan dibentuk dari informasi dan pengalaman
masa lalu terhadap merek itu. Citra terhadap merek berhubungan dengan
sikap yang berupa keyakinan dan preferensi terhadap suatu merek.
Konsumen yang memiliki citra yang positif terhadap suatu merek, akan
lebih memungkinkan untuk melakukan pembelian.
Beberapa ahli menjelaskan mengenai pengertian dari citra merek
(brand image) seperti menurut Schiffman dan Kanuk (2007), citra merek
(brand image) adalah sekumpulan asiosiasi mengenai suatu merek yang
yang tersimpan dalam benak atau ingatan konsumen. Sedangkan menurut
Kolter (2002), citra merek (brand image) adalah perangkat keyakinan, ide
dan kesan yang dimiliki oleh seseorang pada suatu merek. Adapun
menurut Supranto (2011), citra merek (brand image) yaitu apa yang
konsumen pikirkan atau rasakan ketika mereka mendengar, melihat nama
suatu produk atau pada inti apa yang konsumen telah pelajari atau ketahui.
Durianto, Sugianto dan Sitinjak (2004) juga menjelaskan pengertian citra
merek (brand image) adalah asosiasi brand yang saling terkait dan
menimbulkan rangkaian pada ingata konsumen. Brand image dibentuk
didalam benak konsumen karena mereka terbiasa menggunakan brand
tertentu serta terdapat kosistensi terhadap brand image

No comments:

Post a Comment