Sunday, June 23, 2024

Indikator Keputusan Pembelian

 


(Kotler & Keller, 2016) menyebutkan bahwa ada beberapa proses
yang dilakukan dalam rangka tindakan pembelian, yaitu:

  1. Mengenali Kebutuhan
    Pada dasarnya tergantung dari seberapa banyak ketidaksesuaian yang
    ada di antara keadaan nyata secara aktual dengan keinginan, dengan
    kata lain bahwa perbedaan yang dirasakan antara status hubungan
    ideal dan yang sebenarnya. Kebutuhan dapat dipicu dengan adanya
    rangsangan internal dari dalam diri individu, dan suatu kebutuhan juga
    dapat muncul yang bersumber dari rangsangan secara eksternal dari
    lingkungan fisik.
  2. Pencarian Informasi
    Konsumen mengacu pada semua tindakan yang hendak diambil untuk
    mengidentifikasi dan memperoleh informasi tentang cara pemecahan
    masalah. Konsumen merasa tertarik pada sebuah produk akan mencari
    sebanyak mungkin informasi sehubungan dengan produk yang hendak
    dibeli. Informasi tersebut dapat diperoleh dari beberapa sumber
    seperti:
    a. Sumber pribadi, seperti keluarga, tetangga, teman sepergaulan,
    teman kerja.
    b. Sumber komersial, seperti iklan, wiraniaga, agen, kemasan,
    pajangan.
    c. Sumber publik, seperti koran, majalah, organisasi penilai
    konsumen. Sumber pengalaman, seperti penanganan,
    pemeriksaan, penggunaan produk
  3. Evaluasi Alternatif
    Konsumen menilai alternatif yang ada dalam konteks kepercayaan
    tentang konsekuensi yang relevan dan mengkombinasikan
    pengetahuan tersebut untuk membuat keputusan. Pada tahap ini,
    konsumen membandingkan pilihan yang diidentifikasi secara
    potensial mampu memecahakan massalah yang mengawali keputusan
    untuk membeli. Beberapa atribut akan mempengaruhi evaluasi
    konsumen terhadap alternatif produk/ layanan. Salah satu atribut
    tersebut yaitu merek. Merek dapat memberikan dampak yang
    signifikan pada pilihan konsumen sehingga dapat menyederhanakan
    proses pengambilan keputusan.
  4. Tindakan Pembelian
    Konsumen membuat prioritas merek dan membentuk niat bertindak
    membeli. Tindakan pembelian konsumen biasanya didasari oleh
    merek yang paling disukai.
  5. Perilaku Pasca Pembelian
    Setelah membeli produk dan menggunakannya, konsumen
    mendapatkan pengalaman yang bermakna terhadap produk yang
    digunakan. Pengalaman tersebut dapat berupa rasa puas biasanya
    diikuti dengan adanya keinginan membeli kembali. Sedangkan
    pengalaman rasa tidak puas biasanya diikuti dengan perilaku menolak
    dan konsumen tidak akan membeli lagi.

No comments:

Post a Comment