Sunday, June 23, 2024

Pengertian Celebrity Endorser

 


Celebrity Endorser adalah seseorang yang mempunyai jobdesc
mendukung suatu produk sebagai penyampai pesan guna memperkuat
citra yang bagus pada sebuah merek. (Belch & Belch, 2009),
mendefinisikan endorser sebagai pendukung iklan yang ditampilkan
untuk menyampaikan pesan. Endorser sering juga disebut sebagai
sumber langsung, yakni seorang pembicara yang menyampaikan
sebuah pesan dan memperagakan sebuah produk atau jasa. Selain itu,
endorser juga didefinisikan sebagai orang yang dipilih mewakili citra
sebuah produk atau brand (Citra Merek), karena tokoh masyarakat ini
memiliki karakter yang menonjol dan daya tarik yang kuat. Celebrity
Endorser adalah individu (pemain film, entertainer maupun atlet)
yang dikenal masyarakat luas karena keahliannya suatubidang
sehingga dapat menunjang produk yang dipromosikan sehingga dapat
menarik konsumen produk tersebut.
Celebrity Endorser merupakan celebrity endorsement baik
berupa pengenalan maupun pengesahan suatu produk yang dapat
menarik audiens atau konsumen (Sulistyani et al., 2020). Celebrity
Endorser sendiri menurut (Shimp et al., 2014) adalah seorang aktor
atau artis, entertainer atau atlet yang mana dikenal atau diketahui
umum atas keberhasilannya dibidangnya masing-masing untuk
mendukung sebuah produk yang diiklan.
Penggunaan Celebrity Endorser dalam strategi marketing
diyakini memiliki daya tarik tersendiri. selain itu, Celebrity Endorser
juga mempunyai power untuk mempengaruhi konsumen atau target
pasar dengan ketenaran yang dimilikinya karena Celebrity Endorser
pada umumnya memiliki ketenaran dan banyak pengikut. Penggunaan
Celebrity Endorser juga memiliki peran yang sangat penting dalam
membentuk Citra Merek yang baik pada suatu produk

No comments:

Post a Comment